Ini Dia Contoh Makalah Sejarah

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah sejarah. Pengertian sejarah adalah studi tentang masa lalu, khususnya bagaimanan kaitannya dengan manusia. Sejarah merupakan hikayat, riwayat dapat diartikan sebagai peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu atau asal usul keturunan raja raja terdahulu. Manusia hidup tidak terlepas dari masa lalu yang membayangi hidupnya. Indonesia memiliki sejarah yang panjang dari keadaan yang memprihatinkan dijajah oleh beberapa negara seperti portugis, spanyol, belanda hingga jepang dan perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan Indonesia. Hal tersebut tidak dapat dilupakan sehingga hari bersejarah di Indonesia ditandai dengan berbagai peringatan. Sejarah perjuangan Indonesia juga menjadi kurikulum yang dipelajari oleh murid dan mahasiswa. Ini membuktikan betapa penting bagi para penerus bangsa untuk mengeahui, memahami dan melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu. Tujuan penulis dalam membuat makalah ini adalah untuk memjelaskan lebih dalam sejarah bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan penelitian, pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Tiada henti, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membantu, memberi saran dan arahan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalian atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga saya dapat mengerjakan makalah ini dengan baik dan benar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah sejarah diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari sejarah yang mengarungi kehidupannya. Begitu pula Indonesia yang memiliki sejarah yang panjang demi mendapatkan kemerdekaan seperti sekarang. Indonesia merupakan negera yang memiliki sumber daya alam yang melimpah karena itu negrara lain ingin menguasai Indonesia untuk memndapatkan sumber daya alam tersebut terutama rempah-rempah. Rempah-rempah adalah barang yang berharga dan mahal harganya pada waktu itu. Indonesia yang tidak mendapatkan keadilan karena diperbudak oleh negara lain memberontak dan melakukan perlawan demi mendapatkan hak nya. Perlawanan yang dilakukan melalui peperangan dan politik dilakukan oleh para pahlawan. Tidak mudah melawan musuh karena meraka memiliki kekuatan perang dan senjata yang lebih lengkap dan canggih pada masa itu. Urusan politik pun menjadi kurang efektif karena banyak sekali konspirasi namun, bangsa indonesia tidak pantang menyerah dan melawan musuh demi mendapatkan kebebasan. Pendidikan yang rendah menjadi salah satu faktor penyebab rakyat indonesia mudah di perbudak oleh negara musuh. Perjuangan dalam segala aspek kehidupan mulai diperjuangkan oleh pahlawan kita. mulai dari pendidikan, ekonomi, politik dan lain sebagainya. Perjuangan para pahlawan tidak sia-sia karena pada tanggal 17 agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Sebagai penerus bangsa kita harus melanjutkan perjuangan para pahlawan demi mengharumkan nama Indonesia dimata dunia.

Demikian makalah sejarah yang telah dibahas diatas. Semoga makalah ini bermanfaat dan berguna untuk membangkitkan rasa cinta tanah air dan sebagai generasi penerus bangsa kita dapat mengharumkan nama Indonesia disegala aspek. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide