Ini Dia Contoh Makalah Politik Hukum

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah politik hukum. Indonesia telah mengalami berbagai pristiwa hingga menuju masa kemerdekaan. Dalam pembentukan dan pembangunan negara indonesia berada dalam beberapa kondisi yang berubah-ubah. Ketika masa orde baru dimana banyak pemaksaan dan hukum yang tidak berlaku membuat negara indonesia menjadi negara yang tak terkendali. Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan negara bersama muncul lah hukum politik yang akan mengatur sistem politik di indonesia. Politik terlah menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi kehidupan bermasyarakat. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas lebih dalam mengenai politik hukum. Panulis telah melakukan penelitian, pengamatan dan membaca beberapa buku yang menjadi referensi penulis dalam membuat makalah ini. Maka dari itu, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua orang yang telah membantu dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan seperjuangan yang telah memberi bantuan dan dukungan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangung sehingga saya dapat melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah politik hukum dapat disimpulkan bahwa politik hukum atau garis kebijakan resmi tentang hukum yang akan diberlakukan baik dengan pembuatan hukum baru maupun dengan penggantian hukum lama dalam rangka mencapai tujuan negara. Dengan demikian politik hukum merupakan pilar-pilar dari semua hukum yang berlaku di Indonesia sekaligus pilihan hukum yang akan dicabut dan di berlakukan yang kesemuanya di masksudkan untuk mencapai tujuan negara yang terdapat pada UUD1945. Hukum politik terbagi menjadi beberapa karakter yang berdasarkan penggalan waktu yaitu hukum pemilu, hukum pemda dan hukum agraria. Perkembangan karakter hokum dipengaruhi atau ditentukan oleh perkembangan konfigurasi politik. Artinya konfigurasi politik tertentu ternyata selalu melahirkan karakter hukum tertentu. Pada saat konfigurasi politik tampil secara demokratis, maka karakter produk hukum yang dilahirkannya cenderung responsive/populistik. Sedangkan ketika konfigurasi politik bergeser ke sisi yang otoriter, maka produk hukum yang lahir lebih berkarakter konservatif /ortodoks/ elitis. Indonesia telah mengalami berbagi perubahan sistem pemerintah yang menyebabkan perubahan yang terjadi didalam kehidupan politik berubah danbahkan kehidupan bermasyarakat yang telah mengalami perubahan demokrasi. Politik yang bebas dan terarah menjadi sistem politik yang dianut oleh generasi penerus bangsa yang ingin memajukan negara namun tidak terlepas dari hukum politik yang mengatur dan mengarhakan para politikus untuk mencapai tujuan negara.

Demikian makalah politik hukum yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya mengerjakan makalah ini. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide