Ini Dia Contoh Makalah Perubahan Sosial

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah perubahan sosial. Perkembangan zaman yang memasuki era globalisasi membuat perubahan di segala aspek kehidupan tidak terkecuali sosialisasi di masyarakat. Hal ini membuat banyak perubahan dalam cara berpikir dan berprilaku. Globalisasi tidak dapat dihindari oleh masyarakat dunia karena kemudahan akses informasi dan mudahnya informasi tersebut masuk kedalam kehidupan kita membuat penyempitan batas dari norma dan nilai kehidupan. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas masalah perubahan sosial yang berdampak baik dan juga buruk bagi kehidupan masyarakat indonesia. Panulis telah melakukan penelitian, pengamatan dan membaca beberapa buku yang menjadi referensi penulis dalam membuat makalah ini. Maka dari itu, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua orang yang telah membantu dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan seperjuangan yang telah memberi bantuan dan dukungan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangung sehingga saya dapat melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah perubahan sosial dapat ditarik kesimpulan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola prilaku di antara kelompok-kelompok di masyarakat. Berdasarkan cepat lambatnya suatu perubahan di bendakan menjadi perubahan yang berlangsung panjang dan perubahan yang berlangsung cepat atau lebih sering disebut perubahan evolusi dan revolusi. Perubahan evolusi merupakan perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat yaitu sejalan dengan usaha-usaha masyarakat dalam memenuhi kehidupan sehari-hari. Sedangkan, perubahan revolusi adalah perubahan yang berlangsung secara cepat dan tidak ada kehendak atau perencanaan sebelumnya. Perubahan dapat direncanakan atau perubahan tersebut berlangsung dengan sendirinya tanpa disadari. Perubahan yang di rencanakan biasanya memiliki tujuan tertentu yang di inginkan oleh seseorang atau sekelompok orang demi mencapai sesuatu. Sedangakan perubahan yang tidak direncanakan biasanya terjadi diluar keadaan masyarakat dimana muncul masalah-masalah yang tidak di inginkan. Apapun perubahan yang terjadi di kehidupan bermasyarakat membuat masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam berprilaku di kehidupan sosial.

Demikian makalah perubahan sosial yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya mengerjakan makalah ini. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide