Ini Dia Contoh Makalah Bimbingan Konseling

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah bimbingan konseling. Seorang anak yang tumbuh akan mengalami fase perubahan didalam dirinya. Terkadang anak yang beranjak remaja menuju dewasa akan lebih dekat dengan teman sebayanya dari pada orang tuanya. Mereka cenderung akan lebih banyak bercerita dengan teman-temannya dibandingkan orang yang lebih dewasa. pasa masa ini, anak-anak sedang mencari jati diri dimana proses menuju kedewasaan dalam berpikir dan berprilaku yang baik dan benar didalam masyarakat. Penting sekali arahan dari orang yang lebih tua agar anak-anak tidak tersesat dalam berpikir dan berprilaku. Maka didalam sekolah atau lembaga pendidikan lainnya terdapat bimbingan konseling. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan lebih dalam mengenai bimbingan konseling. Panulis telah melakukan penelitian, pengamatan dan membaca beberapa buku yang menjadi referensi penulis dalam membuat makalah ini. Maka dari itu, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua orang yang telah membantu dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan seperjuangan yang telah memberi bantuan dan dukungan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangung sehingga saya dapat melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah bimbingan konseling dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling merupakan proses bantuan kepada indvidu agar mampu memahami dan menerima diri danlingkungannya, mengarahkan diri dan menyesuaikan diri secara positif dan konstruktif terhadap tuntuntannorma kehidupan yang bermakna baik secara personal maupun sosial. Bimbingan konseling terjadi antar konselor dan klien demi mencapai penyelesaian masalah dari si klien. Fungsi dari bimbingan konseling tersebut untuk memahami karakterristik atau potensi atau tugas perkembangan peserta didik danmembantu mereka untuk memahaminya secara objektif dan realistik. Bimbingan konseling juga berfungsi sebagai fungsi preventif yaitu memberikan layanan orientasi dan informasi mengenai berbagai aspek kehidupan yang patut dipahami peserta didik agar mereka tercegah dari masalah. Kemudian fungsi bimbingan konseling lainnya adalah fungsi pengembangan dimana bimbingan konseling memberikan layanan bimbingan untuk membantu peserta didik Mampu Mengembangkan potensi dirinyaa atau tugas-tugas perkembagannya dan fungsi kuratif dari bimbingan konseling adalah membantu para peserta didik agar mereka dapat memecahkan masalah yang dihadapinya (pribadi,sosial, belajar,atau karir). Penting bagi anak untuk mendapatkanbimbingan konseling baik mereka berada dalam permasalahan atau tidak karena anak yang beranjak dewasa cenderung lebih rapuh mental nya dan sangat mudah terpengaruh pada perubahan atau ajakan lingkungan di sekitarnya. Bimbingan koseling membantu para orang tua menjelaskan hal yang sensitive untuk dibahas dengan cara yang lebih bisa diterima oleh para anak yang sedang mencari jati diri.

Demikian makalah bimbingan konseling yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermafaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya mengerjakan makalah ini. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide