Ini Dia Contoh Makalah Pencemaran Air

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul pencemaran air. Pencemaran air merupkans salah satu perusakan lingkungan yang disebabkan oleh kesalahan manusia. Air bersih adalah tidak tercemar sampah, limbah beracun baik dari limbah pabrik dan limbah rumuh tangga. Meskipun Indonesia memiliki teknologi penyaring air yang menyediakan air bersih. Namun, mencemari lingkungan sekitar membuat ekosistem alam terganggu. Pencemaran iar di sungai sering dilakukan oleh penduduk masyarakat yang acuh dan tidak peduli lingkungan. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan bahwa bahaya dari pencemaran air lingkungan sekitar dapat merusak alam dan kehidupan. Serta upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran air. Maka dari itu, penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi dalam menulis makalah ini. Tidak lupa, penulis ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing penulis dalam mengerjakan makalah ini. Serta penulis ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan yang telah membantu dan mendukunga penulis baik secara moril ataupun materi sehingga penulis dapat membuat makalah ini dengan baik dan lancar. Penulis mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah pencemaran air diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa memiliki sumber air bersih di lingkungan sekitar mengindikasikan bahwa ekosistem di lingkungan tersebut berjalan baik. Namun, terkadang ada manusia yang tidak bertanggun jawab dengan mencemari lingkungan terutama air. Sumber air berasal dari sungai, kolam atau laut dapat tercemari oleh limbah pabrik dan limbah rumah tangga. Limbah pabrik yang beracun sering dibuang di sungai dilingkungan sekitar yang menyebabkan biota sungai mati. Seharusnya pabrik yang beroperasi harus memiliki tempat penampungan limbah sendiri yang dapat dinetralisirkan racun sehingga limbah tersebut tidak berbahaya. Pemerintah telah menetapkan hokum yang mengatur hal tersebut. Serta pencemaran akibat limbah rumah tangga seperti sampah, dan cairan deterjen tersebut dapat merusak kebersihan air. Penyebab lainnya pencemaran air berupa nelayan yang menggunakan bahan peledak untuk mengkap ikan merusak ekosistem didalam air.  Semua hal tersebut dapat menyebabkan terjadi bencana seperti banjir, erosi, kekurangan air bersih, merusak ekosistem,  tanah longsor dan sumber air kotor menjadi sumber penyakit. Maka dari itu, sebagai warga Negara yang baik, kita harus memiliki kesadaran diri untuk menjada kebersihan lingkungan demi kelangsungan hidup kita sendiri.

Demikian makalah pencemaran air yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat dan memberikan ilmu yang berguna untuk para pembaca. Penulis ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu dan mendukunga penulis dalam mengerjakan makalah ini sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Penulis mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalan ini dikarenkan keterbatasan waktu. 
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide