Ini Dia Contoh Makalah Otonomi Daerah

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas makalah yang berjudul contoh makalah otonomi daerah. Otonomi daerah adalah kewenangan yang diberikan kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut aspirasi masyarakat untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dari pengertian diatas penulis ingin membuat makalah yang lebih rinci dalam membahas otonomi daerah khusunya di Indonesia. Dan manfaat yang dapat diamabil dari otonomi daerah bagi masyarakat dan Negara. Maka dari itu, Saya telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku mengenai otonomi sebagai referensi saya menulis makalah ini. Karena itu, hasil yang saya dapat tidak lepas dari dukungan dan bantuna dari orang terdekat saya. Saya ingin berterima kasih kepada keluarga, teman dan rekan sekalin yang telah banyak membantu sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Tidak lupa, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. 



Dari pembahasan makalah tentang contoh makalah otonimi daerah dapat ditarik kesimpulan bahwa otonomi daerah merupakan kesempatan yang diberikan pemerintah pusat untuk pemerintah daerah mengembangkan potensi dan cirri khas dari daerahnya. Dari penjelasan diatas otonomi daerah adalah kewenangan yang diberikan kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut aspirasi masyarakat untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kebebasan pemerintah daerah mengatur daerahnya tidak terlepas dari hukun yang terdapat pada undang-undang yang telah diatur sehingga pemerintah daerah memiliki patokan yang jelas dalam mengatur daerah dan tidak menyalahi atur. Program otonomi daerah dikerahkan semata mata untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat. Pemerintahan daerah memili kesempatan untuk membuktikan kemampuan dalam melaksanakan kewenangan yang menjadi hak daerahnya. Tujan pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat sehingga opini rakyat kecil dapat ditampung, mengembangkan kehidupan demokrasi, pemerataan wilayah daerah dan lain-lain. Semua tujuan tersebut untuk menigkatakn kesejahteraan rakyat. 

Demikian pembahasan makalah tentang contoh makalah otonomi daerah. Tiada henti, saya uncapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing saya dalam mengerjakan makalah ini serta terima kasih juga kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalian yang telah memberikan bantuan baik secara materi dan moril. Tidal lupa, saya memohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangna dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide