Ini Dia Contoh Makalah Minyak Bumi

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah minyak bumi. Kita ketahui bahwa minyak bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Minyak bumi menjadi salah satu sumber daya alam yang penting demi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan bahan baker seperti bensin dan solar berasalah dari olahan minyak bumi. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan proses terbentuknya minyak bumi dibawah tanah hingga diproses menjadi keperluan hidup manusia serta dampak negative dari penggunaan minyak bumi itu sendiri. Dibalik banyak manfaat minyak bumi juga memiliki sisi yang menyababkan dampat buruk bagi lingkungan. Maka dari itu, upaya dalam mengurangi dampak negative pengolahan minyak bumi akan dibahas didalam makalah ini. Saya selaku penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi makalah ini. Tidak henti, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membimbing saya dalam mengerjakan makalah ini. Serta saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. 




Dari pembahasan makalah minyak bumi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa minyak bumi berasal dari tumbuhan dan hewan purba/ fosil-fosil yang telah mati dan terkubur didalam tanah dalam waktu yang lama dan mengalami perubahan.  Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terperangkap di antara lapisan-lapisan kulit bumi. Proses pembentukan minyak bumi dan gas ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Minyak bumi salah satu jenis sumber daya alam yang tidak bias diperbaharui karena alam yang hanya dapat menyediakan minyak bumi. Karena proses pembuatan minyak bumi dilakukan oleh alam dan dalam waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun. Maka, kita harus menghemat penggunaan minyak bumi. Olahan minyak bumi seperti bahan baker bensin, solar dan minyak tanah merupakan kebutuhan yang mutlak untuk manusia didalam menjalankan kehidupannya. Namun, disini kita juga harus bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam. Jangan terlalu memforsir atau mengeksploitasi alam secara berlebihan sehingga melupakan keseimbangan alam. Pengerukkan dan penggalian tanah untuk mendapatkan minyak bumi secara berlebihan dapat merusak permukaan bahwa tanah dan struktur bumi.

Demikian makalah minyak bumi yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat dan memberikan informasi lebih kepada pembaca mengenai sumber daya alam yaitu minyak bumi. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide