Ini Dia Contoh Makalah Masyarakat Madani

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah masyarakat madani. Masyarakat madani adalah terjemahan dari bahasa inggris yaitu civil society. Istilah dari masyaraka madani itu sendiri sering kita dengar baru-baru ini. Dimana masyarakat madani adalah suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan mamaknai kehidupannya. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas lebih dalam lagi mengenai masyarakat madani serta unsure-unsur yang mempengaruh masyarakat menciptakan kehidupan yang beradap di zaman yang modern ini. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.




Dari penjelasan makalah masyarakat madani di atas dapat disimpulkan bahwa masyarakat madani adalah suatu komunitas masyarakat yang memiliki "kemandirian aktivitas warga masyarakatnya yang berkembang sesuai dengan potensi budaya, adat istiadat, dan agama, dengan mewujudkan dan memberlakukan nilai-nilai keadilan, prinsip kesetaraan (persamaan), penegakan hukum, jaminan kesejahteraan, kebebasan, kemajemukan (pluralisme), dan perlindungan terhadap kaum minoritas. Peradaban yang berkembang tidak dapat dielakan. Perubahan gaya hidup dan pandangan seluruh penduduk dunia menimbulkan budaya baru, pemikiran baru, seni yang baru dan segala aspek kehidupan yang baru. Perubahan tersebut dapat bersifat positive atau negative tergantung dari orang yang menangkap dan mengaplikasikan sikapnya didalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat madani membentuk atau menciptakan peradaban yang berbudaya ditengah kehidupan yang modern. Kharakteristik dari mayarakat madani berupa ruang public bebas atau free public sphare dimana masyarakat madani membutuhkan ruang lingkup yang luas untuk memiliki akses penuh terhadap setiap kegiatan publik, mereka berhak melakukan kegiatan secara merdeka dalam menyampaikan pendapat, berserikat, berkumpul, serta mempublikasikan informasikan kepada public. Kharakteristik berikutnya adalah  toleransi yaitu sikap saling menghargai dan menghormati pendapat serta aktivitas yang dilakukan oleh orang/kelompok lain. Kemudian demokrasi yaitu proses untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi sehingga muwujudkan masyarakat yang demokratis. Selanjutnya adalah pluralisme merupakan yaitu sikap mengakui dan menerima kenyataan mayarakat yang majemuk disertai dengan sikap tulus, bahwa kemajemukan sebagai nilai positif dan merupakan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Demikian makalah masyarakat madani yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide