Ini Da Contoh Makalah Kebijakan Publik

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah kebijakan publik. Kebijakan public adalah kebijakan- kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebagai pembuat kebijakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di masyarakat dimana dalam penyusunannya terdiri dari beberapa tahap. Kesejahteraan masyarakat adalah hal nomor satu yang harus di tegakan oleh pemrintahan karena Negara tidak akan terbentuk jika tidak ada rakyat yang menempati lokasi negar tersebut. Perkembangan zaman membuat kebutuhan masyarakat semakin meningkat di ikuti pula dengan perubahan segala aspek kehidupan. Tujuan penulis adalah untuk membahas kebijakan yang dibuat pemerintah demi membangun kesejahteraan rakyat dengan melalui beberapa tahapan dalam penyusunan kebijakan tersebut. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.




           Dari pembahasan makalah kebijakan public dapat disimpulkan bahwa kebijakan public mengalami beberapa tahapan dalam penyusunan kibijakan yang akan di tetapkan atau di aplikasikan pada kehidupan nyata. Kebijakan public dibuat oleh perintah untuk membangun dan mensejahterakan kehidupan rakyat. Pemerintah adalah lembaga kenegaraan yang mengemban tugas untuk mengatur kehidupan rakyatnya dengna tujuan yang baik dalam mengembangkan kesejahtraan rakyat. Kebijakan public merupakan salah satulangkah dari pemerintah untuk memberikan bantuan ataumeringankan beban masyarakat baik dari segala aspek kehidupan dari social, budaya, ekonomi dan lain-lain. Kebijakan public melalui beberap tahan sebelum di sahkan berupa penyusunan agenda, formulasi kebijakan, adopsi/ legitimasi kebijakan, dan penilaian/ evaluasi kebijakan. Penyusunan agenda adalah sebuah kegitan atau proses untuk memakai apa yang disebut dengan masalah public dan agenda public di perlu diperhitungkan. Masalah masyarakat atau keluhan yang ditampung oleh lembaga DPR kemudia wakil rakyat tersebut akan menyusun agenda penyelesaian masalah dari keluhan tersebut. Formulasi kebijakan adalaj tahapan dimana masalah yang telah masuk kedalam agenda akan dibahas oleh para pembuat kebijakan. Adopsi/ Legitimasi kebijakan bertujuan untuk mmeberikan otoritas pada proses dasar pemerintahan. Kemudia tahapan berikutnya adalah penilaian/ evaluasi kebijakan yaitu kegiatan yang menyangkut estimasi atau penilaian kebijakan yang mencakup subtansi, implementai dan dampak. 

         Demikian makalah kebijakan public yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pada pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 






semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide