Ini Dia Contoh Makalah Koperasi

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah koperasi. Koperasi merupakan salah satu organisasi bisnis yang memiliki fungsi yang berguna didalam perekomonian. Koperasi memiliki sistem yang berbeda dengan bank. Bank merupakan tempat kita menyimpan dan  meminjam uang dengan sistem yang telah ditentukan oleh bank. Sistem keuangan di bank lebih menangani peminjaman dalam jumlah besar dan sangat sulit dalam meminjam uang di bank karena akan banyak sekali prosedur yang harus dijalani dan sulit pula mendapatkan pinjaman dari bank. Jika anda, inginmembuka usaha dan tidak memiliki modal maka, tidak perlu bersusah payah untuk meminjam ke bank karena koperasi merupakan lembaga yang membantu masyarakat untuk membantuk usaha dengan membantu peminjaman modal yang sistemnya kekeluargaaan. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membantu para pembaca dalam lebih mengenal organisasi bisnis yang bersistemkan kekeluargaan seperti koperasi. Maka dari itu, Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan penelitian, pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Tiada henti, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membantu, memberi saran dan arahan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalian atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga saya dapat mengerjakan makalah ini dengan baik dan benar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari penjelasan mengenai makalah koperasi dapat ditarik kesimpulan bahwa koperasi memiliki sistem yang berbeda dengan sistem bisnis yang dimiliki oleh bank. Koperasi lebih mengutamakan demokrasi didalam berjalannya usaha yang dilakukan setiap anggotanya. Anggota koperasi dapat meminjam uang yang disediakan koperasi untuk memulai usahanya dengan bunga pembayaran hutang yang kecil dan tidak mendesak para anggotanya dalam membayar penjaman meraka melakukan angsuran disetiap bulannya dengan nominal yang telah ditetapkan bersaman. Ketua koperasi dipilih melalui pemilih yang dilakukan oleh anggotanya. Koperasi pun memiliki beberapa jenis diantaranya koperasi pembelian/ pengadaian/ konsumsi dimanakoperasi yang menyelenggarakan fungsi pembelian dan pengadaian barang danjasa untuk memenuhi kebutuhan anggota sebagai konsumen akhir. Kemudian koperasi penjualan/ pemasaran/ adalah koperasi yangmenyelenggarakan fungsi distribusi barang dan jasa yang dihasilkan oleh anggotanya agar sampai ditangan konsumen. Selanjutnya adalah koperasi porduksi merupakan kperasi yang menghasilkan barang dan jasa dimana anggotanya bekerja sebagai karyawan koperasi. Dan kemudian koperasi jasa adalah koperasi yang menyelenggarakan pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh anggotanya. Begitu banyak jenis koperasi yang dapat anda pilih sebagai cara lain dalam mendapatkan pekerjaan. Sedikitnya lapangan kerja menyebabkan banyak orang yang pengangguran dan kebingungan untuk mencari kerja. Koperasi memberikan peluang untuk kita dalam membangun usaha sendiri dan mengembangkan kemampuan kita dalam segi apapun.

Demikian makalah koperasi yang telah dibahas diatas, semoga makalah ini bermanfaat dan membarikan pengetahuan lebih kepada para pembaca dalam mencari penghasilan yang halal. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide