Ini Dia Contoh Makalah Hukum Pidana

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah hukum pidana. Pelanggaran nilai dan norma kehidupan pasti akan mendapatkan ganjaran hukum yang setimpal bagi orang yang melakukannya baik di dunia maupun di akhirat. Didalam kehidupan nyata, Negara berdiri untuk mengatur kehidupan rakyatnya dimna salah satunya adalah dengan membuat atuan hokum. Hukum yang berlaku didalam masyarakat adalah hukum pidana yang memberikan hukuman bagi orang yang bertindak diluar batas seperti pemerkosaan, pembunuhan, korupsi, kekerasan, pencurian perampokan dan pengadilan. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan hokum pidana yang berlaku di Indonesia. Saya telah melakukan penelitian dan membaca beberapa buku serta atikel sebagai referensi saya membuat artikel ini. Tidak lupa, saya dibantu oleh guru pembimbingan saya dalam memberikan masukan dalam membuat makalah ini. Maka dari itu, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah mengarahkan saya dalam menyusun makalah ini. Tidak lupa, Saya ingin berterima kasih kepada keluarga, teman dan rekan sekalin yang telah banyak membantu sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Tidak lupa, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah hukum pidana dapat disimpulkan bahwa hukum pidana adalah keseluruhan dari peraturan yang mengatur perbuatan-perbuatan yang dilarang didalam undang-undang pidana termasuk tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang pantas dijatuhakan untuk tersangkat atau orang yang melanggar hukum. Sumber hukum pindana terdiri dari hukum pidana tertulis dan hukum pidana tidak tertulis. Tujuan hukum pidana itu sendiri sebenarnya untuk mengatur atau membatasi tindakan manusia agar tidak melebihi batas hingga berbuat hal yang tidak manusiawi seperti pembunuhan. Penting sekali mendirikan hukum didalam setiap Negara agar warga negaranya tidak benari berbuat jahat terhadap orang lain. Selain itu, hukum pidana berfungsi untuk menghukum orang yang telah melakukan tindak kejahatan. Hukuman yang pantas dan sesuai dengan apa yang telah dia lakukan sehingga tersangka pidana tidak benari melakukan hal yang sama atau mengulang perbuatan yang sama. Macam-macam hukum pidana di Indonesia berupa tindak pidana pokok terdiri dari hukuman mati, masih banyak Negara yang pro dan kontra tentang hukuman mati seperti belanda yang telah menghapuskan hukuman mati, tetapi Indonesia masih menggunakan hukuman mati, kemudian hukuman penjara, hukuman kurunngan, hukuman denda dan hukuman tutupan. Segala jenis hukuman tersebut untuk mengatur ketertiban masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. 

Demikian makalah hukum pidana yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dna kekurangan di dalam penulisan makalah di karenakan keterbatasan waktu.




semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide