Ini Dia Contoh Makalah Hukum Islam

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah hukum islam. Indonesia meresmikan lima agama yang bebsar dianut oleh warga negaranya dianataranya islam, hindu, budha, Kristen dan katholik. Mayoritas penduduk Indonesia menganut agama islam. Didalam setiap agama terdapat hukum yang mengatur umatnya untuk mengarahkan meraka ke jalan kebenaran. Didalam islam ada hokum yang berlaku untuk umat nya dimana tujuannya untuk memperbaiki ahklak setiap umat muslim. Hukum islam telah diatur menurut al-quran. Al-quran adalah kitab suci agama islam yang menjadi pedoman bagi setiap umat muslim. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas hokum islam yang mengatur umat muslim dalam bersikap dan berpikir dimana sebagian orang berpendapan bahwa islam itu agama yang sulit, namun nyatanya, islam itu indah. Saya telah melakukan penelitian dan membaca beberapa buku serta atikel sebagai referensi saya membuat artikel ini. Tidak lupa, saya dibantu oleh guru pembimbingan saya dalam memberikan masukan dalam membuat makalah ini. Maka dari itu, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah mengarahkan saya dalam menyusun makalah ini. Tidak lupa, Saya ingin berterima kasih kepada keluarga, teman dan rekan sekalin yang telah banyak membantu sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Tidak lupa, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. 




Dari penjelasan makalah hukum islam diatas dapat disimpulkan bahwa hukum islam adalah ketetapan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT berupa aturan dan larangan bagi umat muslim. Tujuan dari hukum islam itu sendiri adalah untuk mengatur jalan hidup umat muslim hingga mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat dengan mengambil segala manfaat dan mencegah mudarat atau keburukan yang tidak berguna bagi kehidupan. Manusia harus takut kepada Allah karena kita hanyalah hal yang sangat kecil dan tidak berdaya dimata pencipta kita. Dasar hukum islam diambil dari beberapa sumber yaitu Al-quran yang merupakan kitab suci agama islam sebagai petujuk utama bagi umat muslim dalam menjalankan perintah dan larangannya dalam menjalani kehidupan. Kemudian Al-hadis merupakan segala sesuatu yang di perintahkan, dilakukan dan persetujukan oleh Nabi Muhammad SWT sebagai penyempurna dari hukum islam yang terdapat di Al-quran. Sumber lainnya adalah ijma’ para ulama berupa kesepakatan para ulama dalam menentukan kesimpulan dari suatu hukum yang berlandaskan dari Al Qur’an dan hadist . selain itu, hukum islam di tetapkan berdasarkan qiyas yaitu, penetapan suatu hukum suatu perkara yang baru yang belum ada pada masa sebelumnya namun memiliki kesamaan dalam sebab, manfaat, bahaya dan berbagai aspek dengan perkara terdahulu sehingga dihukumi sama. Dan yang terakhir berdasarkan ihjihat, adalah usaha yang sungguh-sungguh, yang sebenarnya bisa dilaksanakan oleh siapa saja yang sudah berusaha mencari ilmu untuk memutuskan suatu perkara yang tidak dibahas dalam Al Quran maupun hadis dengan syarat menggunakan akal sehat dan pertimbangan matang. Islam adalah agama yang indah yang mengarahkan umatnya menuju pintu kebahagiaan baik di dunia maupun diakhirat.

Demikian makalah hukum islam yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dna kekurangan di dalam penulisan makalah di karenakan keterbatasan waktu.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide