Ini Dia Contoh Makalah Diabetes Melitus

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
            Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah diabetes melitus. Diabetes melitus atau yang sering kita sebut penyakit kencing manis. Indonesia menjadi Negara nomor 4 sebagai penduduk yang banyak terkena penyakit diabetes melitu di asia dan normor 7 di dunia untuk tahun 2013. hal ini membuktikan bahwa pola makan orang Indonesia yang masih sembarang dan tidak memperhatikan kesehatan menjadi alas an pertama mengapa orang Indonesia banyak terjangkit penyekit diabetes melitus. Hingga diperkirakan penderita akan bertambah pada tahun 2020 karena yang terkena penyakit kencing manis hingga sampai pada kalangan anak-anak. Diabetes melitus atau kencing manis adalah kondisi dimana tubuh seseorang mengalami gangguan dalam mengendalikan kadar glukosa darah. Akibatnya, kadar glukosa darah meningkat (hiperglikemia) secara berkepanjangan (kronik). Tujuan penulis adalah untuk memberitahui dan menjeleskan lebih dalam mengenai penyakit diabetes mellitus dan memberikan penyuluhan untuk menyadarkan masyarakat untuk memperhatikan pola makan ynag sehat dan gaya hidup yang sehat demi menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi membuat makalah ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepad guru pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalin atas dukungan dan bantuan yang diberikan baik secara materi maupun moril sehingga saya dapat membuat makalah ini dengan baik dan lancar. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.



  
  
            Dari pembahasan makalah diabetes melitus diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penyakit ini dipengaruhi oleh dua factor yaitu internal dan eksternal, dimana factor internal berasal dari gen dan factor eksternal berasal dari pola hidup yang tidak sehat diantaranya mengkonsumsi makanan yang berlemak, mengandung bahan pengawet, pemanis buatan dan garam yang berlebihan didukung dengan kebiasaan hidup yang tidak sehat dengan jarang berolahraga. Proses terjadinya kelainan pada tubuh hingga memyebabkan penyakit diabetes melitus di karenakan jika jumlah glukosa ( zat gula ) didalam tubuh berlebih, maka insulin membantu menyimpan kelebihan glukosa tersebut di dalam organ hati dan otot (dalam bentuk glikogen), atau diubah menjadi trigliserida yang disimpan di dalam jaringan penyimpan lemak (adiposa). Insulin  yang berikatan dengan reseptornya dapat membuka pintu masuknya glukosa ke dalam sel. Bila insulin tidak ada atau kerja insulin terganggu, maka glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel tetapi berada dalam pembuluh darah sehingga konsentrasi glukosa di dalam darah akan meningkat. Glukosa di dalam darah yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah yang disebut komplikasi diabetes. Gejala yang timbul dari penyakit kencing manis diantaranya buang air kecil terus menerus, cepat merasa haus, nafsu makan yang berlebihan hingga menjadi obesitas, cepat lelah dan lemas, penyembuhan luka menjadi lambat, dan pengalami gangguan penglihatan secara tiba-tiba. Cara pengobatan yang dilakukan untuk seseorang yang telah terkena diabetes mellitus adalah dengan dilakukan intervensi farmakologi yaitu dengan memberikan obat-obatan oral penurun kadar glukosa darah (hipoglikemik) dan bila diperlukan suntikan insulin. Untuk mencegah penyakit diabetes mellitus maka kita harus sadar dalam menjaga kesehatan kita dengan menjalani hidup sehat dengan pola makan yang teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat serta berolahraga secara teratur.

Demikian makalah diabetes melitus yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dna kekurangan di dalam penulisan makalah di karenakan keterbatasan waktu.






semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide