Ini Dia Contoh Makalah Karya Ilmiah

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah karya ilmiah. Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang membahas suatu tema berdasarkan fakta dan data. Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Jika pemakalah ingin menulis makalah ilmiah maka, harus dilakukan penelitian sebagai bukti atau fakna nyata untuk memperkuat argument yang di sampaikan oleh pemakalah. Makalah karya imiah sering diberikan kepada mahasiswa karena melatih mahasiswa dalam menulis seperti makalah, laporan praktikum dan sekripsi atau juga akhir. Membuat makalah merupakan cara yang bagus dan tepat dalam melatih mahasiswa menyusun karya tulis ilmiah ayng bai kdan benar hingga menuju karya tulis imiah yang lebih rumit seperti skripsi. Mahasiswa harus menentukan judul yang akan diambil untuk dibahas dan diteliti. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membantu para pembaca dalam membuat makalah karya ilmiah yang baik dan benar. Penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi membuat makalah ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepad guru pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalin atas dukungan dan bantuan yang diberikan baik secara materi maupun moril sehingga saya dapat membuat makalah ini dengan baik dan lancar. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah karya ilmiah yang telah dibahas diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa makalah membahas judul yang ilmiah dan berdasrkan fakta dan data yang telah diteliti dan sesuai dengan keilmuan yang berlaku. Makalah ilmiah memiliki susunan yang lebih rumit diantarnya cover , halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi dan ringkasan isi. Bagian-bagian in termasuk dari bagian pemubuka. Kemudian bagian isi berupa pendahuluan meliputi, latar belakang, rumusan masalah, pembahasan/pembatasan masalah, tujuan penelitian. manfaat penelitian. Setelah itu, bagian kajian teori atau tinjauan perpustakaan yang meliputi pembahasan teori, kerangka pemikiran dan argumentasi keilmun, pengajuan hipotesis. Bagian susunan berikutnya adalah metodologi penelitian meliputi waktu dan tempat penelitian, metode dan rancangan penelitian, populasi dan sample, instrumen penelitian dan pengumpulan data dan analisis data. Bagian yang penting berikutnya adalah hasil penelitian meliputi jabaran varibel penelitian, hasil penelitian, pengajuan hipotesis, diskusi penelitian, dan mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya. Didalam makalh karya ilmiah terdapat juga bagian halaman penunjang berupa daftar pustaka, lampiran dan daftar table. 

Demikian makalah karya ilmiah yang telah dibahas diatas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua dan memberikan pengetahuan lebih mengeni makalah karya ilmiah yang baik dan benar. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dna kekurangan di dalam penulisan makalah di karenakan keterbatasan waktu.



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide