Tips Menjaga Kesehatan reproduksi

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
kesehatan reproduksi Bagi perempuan maupun laki-laki sangat penting menjaga tubuh di bagian organ inti*m. Karena alat reproduksi merupakan daerah yang sangat sensitive sehingga perlu diketahui cara yang benar dalam merawat alat reproduksi. Untuk para wanita berikut tips menjaga kesehatan reproduksi


1. Vag*ina adalah organ int*im wanita. Sangat penting menjaga vag*ina dalam kondisi selalu bersih, kering dan terhindar dari segala penyakit dan bakteri yang membahayakan vag*ina. Vag*ina yang sehat memiliki tingkat keasaman 3,5 PH dan mengandung sejumlah bakteri baik yang melindungi vag*ina dari infeksi. Sebaiknya menghindari mencuci atau membasu vag*ina menggunakan cairan kimia karena dapat menggangu keseimbangan keasaman. 

2. Mencuci vag*ina dengan benar. Unutk mencegah kontaminasi bakteri dari vag*ina ke bagian anus, lakukan pencucian vag*ina dari arah depan ke bagian belakang setelah buang air. Gantilah pembalut setiap 2-3 jam sekali ketika sedang menstruasi. Hindarilah menggunakan pantyliner apabila tidak sedang haid karena dapat meningkatkan kelembapan di daerah vag*ina.

3. Gunakan pakaian dalam yang nyaman. Pakaian yang kita gunakan berpengaruh dalam menjaga kebersihan vag*ina. Karena beberapa bahan kain bias meningkatkan panas dan kelembapan sehingga memicu pertumbuhan bakteri jahat yang dapat membahayakan infeksi, untuk itu di anjurkan menggunkan pakaian dalam yang berbahan kain katun disiang hari karena dapat menyerap keringan.

4. Mencuci vag*ina jangan menggunakan sabun atau cairan kimia. Wanita terkadang tidak percaya diri karena organ int*imnya berbau. Sebaiknya jangan mencuci organ in*tim menggunakan sabun dan cairan yang mengandung bahan kimia karena dapat merusak keseimbangan Ph pada vag*ina. Cucilah organ int*im menggunakan air bersih.  Dan jangan semprotkan parfum dibagian organ it*im anda untuk karena parfum mengandung alcohol .

5. Mencukur rambut kemaluan. Rambut kemaluan akan menjadi sarang bertumbuhnya bakteri dan jamur yang akan menciptakan infeksi si organ intim. Karena itu rajin-rajinlah mencukut rambut kemaluan demi kesehatan vag*ina.

Menjaga kebersihan alat reproduksi tidak hanya untuk kaum wanita. Para laki-laki juga harus menjaga kebersihan organ int*imnya. Tips menjaga kebersihan reproduksi untuk laki-laki:

1. Para laki-laki harus memiliki kesadaran untuk menjaga alat reproduksinya yaitu pen*is. Pen*is yang sehat menjadi symbol kejantanan seorang pria. Sebaiknya menggunakan celana yang bersih dan pakaian dalam yang nyaman. Seperti hal nya dengan wanita. Pria sebaiknya menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari kain katun yang dapat menyerap keringat. Dan celana yang tidak ketak untuk mengurangi kelembapan supaya bakteri jahat tidak berkembang.

2. Cucilah secara rutin alat kel*amin. Gunakan air bersih  setelah buang air. Siram dan bilas alat kel*amin sehingga tidak ada air seni yang tertinggal

3. Hindari alcohol, rokok dan narkobah. Kesehatan reproduksi pria sangat berpengaruh tingkat kesuburan. Maka dari itu hindari alcohol dan narkobah sebab pemakaian benda-benda akan mengikat hormon yang berfungsi menghasilkan sperma. Sedangkan rokok akan membuat pelebaran pembulu darah didalam testis. Dengan demikian, darah kotor yang semestinya menuju ke jantung kembali ke dalam testis menyebabkan spe*rma menjadi lemah.

Tips menjaga kesehatan reproduksi diatas sangat penting unutk dilakukan unutk menghindari berbagai penyakit seperti kanker. Wanita dan pria memperhatikan kebersihan alat reproduksi mereka. Apabila terjadi hal gangguan sebaiknya langsung periksa ke dokter untuk menghindari keadaan tidak diinginkan. Periksa kesehatan reproduksi sejak dini harus dilakukan.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide