Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Nama buah kecapi mungkin belum banyak dikenal. Buah kecapi memang sudah sulit ditemukan. Buah kecapi ini sudah tergeser dengan hadirnya banyak buah- buahan yang lain. Padahal manfaat buah kecapi untuk kesehatan sangat beragam seperti buah- buah lainnya.

Bagi yang masih asing dengan buah kecapi, deskripsi singkat berikut mungkin akan membantu Anda sedikit tahu tentang buah kecapi. Buah kecapi berbentuk bulat memipih. Warna dari buah kecapi ini adalah kuning cenderung keemasan. Diameter dari buah kecapi mencapai 5 samapi 6 senti. Kulit luar buah kecapi diselimuti oleh bulu halus. Daging buahnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu daging bagian luar dan daging bagian dalam. Daging bagian luar, cenderung keras dan tebal, berwarna merah daging dan berasa agak masam. Sedangkan untuk daging buah bagian dalam, teksturnya lebih lunak, warnanya putih, berasa asam hingga manis dan melekat pada bijinya. Untuk biji buah kecapi biasanya berjumlah antara 2 sampai 5 biji setiap buah. Bisa dibayangkan buah kecapi ini memiliki struktur yang mirip buah manggis.


Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kecapi yang bisa digunakan untuk kesehatan.

1. Buah kecapi berfungsi sebagai peluruh keringat
Bagian dari buah kecapi selain daging buahnya, daunnya juga bisa digunakan. Daun buah kecapi dapat digunakan sebagai peluruh keringat. Caranya sangat mudah. Anda tinggal menggosokkan daun buah kecapi yang masih segar pada kulit.

2. Buah kecapi berfungsi untuk mengobati demam
Manfaat buah kecapi untuk kesehatan juga dapat sebagai obat demam. Selain sebagai peluruh keringat, daun buah kecapi juga bermanfaat untuk mengobati demam. Caranya yaitu dengan merebus daun buah kecapi. Dengan dosis yang tepat dan diminum secara rutin, maka demam pun akan sembuh.

3. Buah kecapi membantu mengatasi penyakit cacing gelang
Penyakit yang disebabkan oleh cacing tidak boleh dianggap sepele. Sebagian besar, penyakit cacing ini diderita oleh anak- anak yang suka bermain di tempat kotor. Salah satu manfaat buah kecapi yakni untuk mengatasi penyakit cacing gelang. Bagian yang digunakan untuk mengobtai penyakit yang disebabkan oleh cacing buah adalah serbuk kulit pada batangnya. Pengobatan dengan serbuk kulit batang buah kecapi ini sudah dipercaya ampuh untuk pengobatan penyakit cacing gelang secara tradisional.

4. Buah kecapi sebagai obat berbagai masalah perut
Akar pohon dari buah kecapi ternyata juga mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaat akar buah kecapi ini yaitu mampu mengatasi berbagai masalah perut. Karena daun buah kecapi ini mempunyai manfaat sebagai antidiare, mengeluarkan gas atau angin dalam perut, sebagai obat sakit perut dan mengatasi kejang. 

5. Buah kecapi untuk menguatkan tubuh wanita usai melahirkan
Daun buah kecapi juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh wanita setelah melahirkan. Bahkan beberapa dokter juga menyarankan hal ini pada para ibu setelah melahirkan.

Demikian beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan. Buah yang sekarang tidak terlalu terkenal ini ternayata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan bisa didayagunakan sebagai obat tradisional.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide