Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pengertian sejarah menurut para ahli. Selama ini kita telah mengenal sejarah. Kita tahu mengenai sejarah. Dan kita ada karena adanya sejarah. Namun , betulkan kita telah memahami dengan benar apa arti dari sejarah tersebut? Sejarah yang diambil dari bahasa Yunani yaitu historia yang berarti penyelidikan , pengetahuan yang di peroleh melalui penelitian. Sejarah sendiri memiliki arti yaitu studi atau pembelajaran mengenai masa lalu , khususnya yang berkaitan dengan mansuia. Dalam bahasa Indoensia , sejarah babad , hikayat , riwayat , aatu tambo dapat diartikan sebagai kejadian serta peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau yang berasal-usul ( kuturunan ) silsilah , terutama bagi raja-raja yag memerintah. Sejarah juga merupakan istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa pada msa lalu serta penemuan , koleksi-koleksi , organisasi , dan penyajian informasi mengenai suatu peristiwa. Istilah sejarah juga mencakup kosmik , geologi , dan sejarah makhluk hidup yang seringkali secara umum diartikan sebagai sejarah manusia. Kata sejarah secara harafiah sendiri asalnya merupakan dari Arab yang artinya pohon ( sajaratun ) . Dalam bahasa Arab pun , sejarah di sebut tarikh. Jika dalam bahasa Indonesia maka arti dari tarikh adalah waktu atau penanggalan. Oelh karena itu kata sejarah lebih dekat dengan bahasa Yunan yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai , kemudian dalam bahasa inggris menjadi history yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang dapat mendekati acuan kata tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.



Jika kita mencari pengertian sejarah menurut  para ahli , maka sejarah dapat diartikan menjadi beberapa identifikasi sebagai berikut : Sejarah menurut “ Bapak sejarah “ Herodotus yaitu suatu kajian yang digunakan untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh masyarakat dan peradaban. Lalu menurut pengertian sejarah dari Aristotle adalah  sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan terususun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga sejarah merupakan peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan , rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit. Lalu ada juga menurut R.G. Collingwood yang mengatakan bahwa sejarah ialah sebuah bentuk oenyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau. Sedangkan menurut pengertian sejarah dari Patrick Gardiner adalah sejarah sebagai ilmu yang mempelajari apa yang telah di perbuat oleh manusia. Lalu sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah sejarah merupakan bagian dari masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang berlaku. Ada juga dalam buku teks “ what is history “ yang di tulis oleh E.H. Carr yang berpendapat bahwa sejarah adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan lampau , suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya. Dan sejarah menurut Sunnal dan Haas adalah pembelajaran kronologis yang menafsirkan dan memberikan arti suatu peristiwa dan berlaku sesuai dengan metode sistematis untuk menemukan kebenaran.

Jika kita telah mengetahui pengertian sejarah menurut para ahli maka seharusnya kita dapat menghargai jasa para pahlawan yang telah meletakan pondasi bangunan Negara Indonesia beserta segala bentuk warisan sejarah baik benda maupun tak benda. Kita ada karena sejarah , tanpa sejarah maka kita bukan lah apa-apa. Karena sejaran adalah masa lalu , maka kita perlu untuk belajar dari sejarah. Karena sejarah memberikan kita pembelajaran mengenai kegagalan serta keberhasilan para pemimpin kita dahulu yang dapat mejadi pedoman kita untuk melangkah serta menghargai apa yang telah ada saat ini..



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide