}); Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli - Di Lihat Yaaa.....

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
         Pengertian filsafat menurut para ahli. Filsafat merupakan kata yang telah tidak asing lagi Filsafat merupakan konsep dasar mengenai kehidupan dan visi kedepan manusia. Dalam suati himunan atau komunitas sebuah pemikiran filsafat dapat muncul , tumbuh , dan berkembang sesuai dengan kebudayaan yang ada pada daerah setempat Istilah filsafat pun juga berasal dari bahasa Yunani yaitu philosofi yang dalam perkembangan berikutnya lebih di kenal dalam bahasa lain yaitu philosofie yang merupakan perkembangan dari bahasa German , Belanda , dan perancis Philosodhy yaitu dari inggris dan philosophia dari bahasa latin dan Falsafah merupakan dari Arab. Namun meskipun arti kata tersebut belum menghasilkan pengertian yang hakiki atau sebenarnya , dari kata filsafat . Filsafat sendiri dapat berarti pandangan hidup seseorang atau suatu kelompok orang yang mempunyai konsep dasar untuk mencapai kehidupan yang di cita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap dari seseorang yang sadar serta dewasa dalam memikirkan sesuatu secara mendalam dan ingin melihat sesuatu dari segi yang luas dan menyeluruh.



Berdasarkan pengertian filsafat menurut para ahli dapat di jelaskan sebagai berikut: menurut Plato filsafat tidak lain dari pengetahuan tentang segala sesuatu yang ada. Lalu ada juga pendapat dari Aristoteles yang berpendapat bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda . Dengan demikian filsafat itu berssifat ilmu umum . Tugas penyelidikan tentang sebab telah di bagi sekarang oleh filsafat denagn ilmu. Sedangkan menurut Cicero filsafat adalah sebagai ibu dari semua seni ( the mother of all the arts ) Ia juga mendefinisikan filsafat sebagai seni kehidupan ( Art Vitae ). Menurut Johann Gotlich Fickte filsafat sebagai ilmu dari ilmu-ilmu yakni ilmu umum yang jadi dasar oelh sagala ilmu. Ilmu yang membicarakan suatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat juga memperkataan seluruh bidang yang seluruh jenis ilmu yang mencari kebenaran dari seluruh kenyataan. Ada juga menurut Paul Nartorp yang mengatakan bahwa filsafat sebagai ilmu dasar yang hendak menentukan kesatuan pengetahuan menusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama dan memikul sekalian. Kemudia notonegoro berpendapat juga bahwa filsafat adalah menelaah hal-hal yang di jadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlah , yang tidak berubah-ubah yang di sebut dengan hakikat. Sedangkan Driyakarya mengemukakan pendapat mengenai filsafat yaitu perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-penyebabnya ada dan berbua, merenungkan tentang kenyataan dengan sedalam-dalamnya hingga sampai “ penghabisan “. Sedangkan Sidi Gazalba berpendapat bahwa berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran. Mengenai segala sesuatu yang di permasalahkan lalu dengan pemikiran yang radikal, sistematik , dan universal. Kemudian ada pendapat dari Hasbullah Bakry yang berpendapat bahwa filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu secara mendalam mengenai ke Tuhanan , alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan mengenai bagaimana sikap manusia yang sebenarnya setelah mencapai penghetahuan itu. Dan yang terakhir adalah pendapat dari Prof . Mr. Muhammad . Yamin yang berpendapat bahwa filsafat adalah pemusatan pikiran sehingga menusia dapat menemui kepribadiannya seraya dalam kepribadiannya itu dapat dialami kesungguhannya.

Dari pengertian filsafat menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa filsafat tidak menyelidiki salah satu aspek kenyataan saja. Melainkan apa yang menarik dari perhatian manusia . Pendapat ini diperkuat dengan adanya filsafat pada abad ke 20 yang masih sibuk dengan masalah-masalah yang sama dan telah lama di persoalkan pada kurang lebih 2500 tahun yang lalu. Perbedaan ilmu filsafat dengan ilmu-ilmu yang lain adalah adanya pengetahuan yang metodia , sistematis dan koheren tentang seluruh kenyataan pada ilmu filsafat sedangkan pada ilmu lain hanya pada bidang tertentu dari kenyataan..
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide