}); Pengertian Globalisasi Dan Dampaknya - Di Lihat Yaaa.....

Pengertian Globalisasi Dan Dampaknya

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pengertian  globalisasi  dan  dampaknya.  Globalisasi  yang  berasal  dari  kata  Globe  atau dunia merupakan  proses  integrasi  nasional  yang  terjadi  karena  di  sebabkan  adanya  pertukaran  pandangan mengenai  dunia ,  produk , pemikiran , kebudayaan , dan  aspek-aspek  lainnya.  Globalisasi  juga  dapat diartikan  sebagai  ketergantungan  antar  bangsa  dan  antar  manusia  di  seluruh  dunia  melalui perdagangan , sosial  media , investasi , budaya , perjalanan , permainan , dan  bentuk-bentuk interaksi  lain yang  membuat  batas-batas  waktu  semakin  sempit.  Seperti  mudahnya  informasi  yang  kita  dapatkan melalui  media  cetak  atau  media  elektronik ,  surat elektronik ,  dan  sebagainya. Globalisasi  ini  terbentuk karena  adanya  kemajuan  di  bidang  teknologi  di  seluruh  dunia  yang  kini  sangat  mudah  untuk  di akses di mana pun ,  kapan  pun , serta  menggunakan  perangkat  yang  dapat  kita  bawa  kemana  saja seperti  handphone. Dengan  adanya  kemajuan  infrastruktur  trasportasi  dan  telekomunikasi   serta munculnya  internet  yang  kini  telah  menjamur  dan  telah  di  kenal  anak-anak  sejak  usia  dini, merupakan  faktor  utama  dalam  globalisasi  yang  membuat  semua  orang  menjadi  ketergantungan.



Ada yang mengatakan atau mendiskusikan mengenai pengertian globalisasi dan dampaknya itu adalah suatu proses dimana membuat orang menjadi ketergantungan tanpa mengenal batas hingga globalisasi tersebut membuat setiap individu atau kelompok tersebut menghasilkan suatu pengahruh terhadap dunia. Oleh sebab itu ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat teknologi informasi. Namun menurut pengertian bahasa , globalisasi adalah Global dan sasi. Global yang berarti dunia dan sasi adalah proses . jadi jika pengertian globalisasi digambungkan maka akan menjadi proses sesuatu yang mendunia. Seperti halnya di sekitar lingkungan kita , kita dapat mengambil contoh dari globalisasi dari beberapa bidang. Dalam bidang ekonomi , globalisasi dapat kita temukan dengan semakin banyaknya supermarket , adanya jual beli online yang di lakukan antar orang yang berjauhan dan tidak saling mengenal , adanya ekspor impor , dan mesin-mesin canggih yang kini menyebabkan di kuranginya tenaga kerja manusia dan digantikannya dengan mesin-mesin yang canggih oleh beberapa perusahaan. Tidak hanya dalam bidang ekonomi saja , dalam bidang sosial juga dapat kita temui dengan mudahnya bahasa asing yang masuk ke Indonesia dan hilangnya rasa gotong-royong yang kini digantikan dengan sifat individualism dan timbulnya rasa egoism bagi masyarakat. Dan dalam bidang budaya pun juga terdapat globalisasi seperti semakin banyaknya KPOP di Indonesia karena budaya asing begitu mudah untuk masuk dan menyebar di Indonesia ini selain itu hilangnya budaya-budaya tradisional secara perlahan dan banyaknya imigrasi. .

Jika dalam beberapa bidang terdapat contoh dari globalisasi , maka  ada dampak dari globalisasi. Dampak globalisasi ada dua, postif dan negatif. Dampak globalisasi yang positif adalah di perolehnya informasi dengan mudah dari berbagai belahan dunia manapun. Jalinan komuniakasi semakin mudah dan canggih. Jika dahulu orang harus  mengirim surat via pos, kini terdapat surat elektronik yang memudahkan setiap orang untuk berinteraksi dan berkomunikasi.  Dan juga dapat memudahkan bagi guru atau dosen untuk memberikan pembelajaran bagi murid-muridnya tanpa mengenal ruang dan waktu. Alat transportasi pun semakin beragam sehingga setiap orang yang hendak berpergian akan semakin mudah. Namun disamping adanya kemudahan-kemudahan itu, terdapat dampak negatif juga dari globalisasi seperti : Masyarakat kini menjadi konsumtif , adanya pemborosan dan perilaku yang menyimpang dari adat ketimuran , kebudayaan daerah pun semakin lama semakin ditinggalkan dan lebih condong dengan budaya barat. Sikap individualism yang tinggi dan menutup diri yang kini banyak terjadi pada individu-individu yang terus menerus mengikuti arus globalisasi. Oleh karena itu pengertian dan dampak globalisasi  perlu di pahami dan di mengerti bagi masyarakat kita agar terhindar dari dampak negatif.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide