}); Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli - Di Lihat Yaaa.....

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pengertian ekonomi menurut para ahli. Yang pertama kali harus kita sadari bilang kita berbicara mengenai ilmu ekonomo adalah segala sesuatu yang jauh dari kata sederhana. Karena pada dasarnya ilmu ekonomi adalah sesuatu yang tidak sederhana. Ada banyak faktor yang terkait di dalamnya, dimana semuanya harus di pertimbangkan serta di perhitungkan. Manusia yang sebagai mahkluk ekonomi aatu bisa di katakana homo ekonomicus , memiliki kecenderungan untuk tidak pernah merasa puas. Manusia selalu saja merasa kurang dan kurang atas apa yang telah di perolehnya dan senantiasa terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan selalu mempertimbangkan pengorbanan demi manfaat dari tindakan yang akan atau yang sedang di lakukan. Sehingga penting bagi manusia untuk mengetahui apa itu ekonomi yang dalam kehidupan manusia sangat erat dengan aktivitas manusia. Secara umum , ekonomi dapat di katakana sebagai sebuah bidang kajian tentang pengurusan sumber daya material individu , masyarakat , dan Negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Karena ekonomi merupakan ilmu tentang perilakau dan tindakan manusia , maka utuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang terus menerus dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi , konsumsi dan distribusi. Kata ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos ( rumah tangga ) dan nomos ( ilmu ) . Jadi jika pengertian ekonomi secara mendasar adalah ilmu yang mengatur rumah tangga.



Lalu bagaimana pengertian ekonomi menurut para ahli ? beberapa para ahli mengartikan ekonomi sebagai berikut : Menurut Hermawan Kartajaya ekonomi adalah platform dimana sector industri melekat yang diatasnya. Sedangkan Paul A.Samuelson berpendapat bahwa ekonomi merupakan cara-cara yang di lakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk di konsumsi oleh masyarakat. Sedangkan Mill J.S mengatakan ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan. Menurut Abraham Maslow , ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluasan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dnegan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang diangggap efektif dan efisien. Lalu menurut Adam Smith ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan Negara. Menurut M.Manulang , pengertian ekonomo menurutnya adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kamakmuran , yaitu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya dari segi pemenuhan barang maupun jasa. Sedangkan menurut Von Neumann dan Morgenstern ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak di berlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak pada zaman itu. Dan yang terakhir adalah menurut ensiklopedi Indonesia yang menjelaskan bahwa ekonomo adalah ilmu pengetahuan yang memepelajari usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut.

Dari pengertian ekonomi menurut para ahli yang telah kita ketahui bahwa ekonomi adalah ilmu ekonomi hampir sama dengan akuntansi oleh karena itu ekonomi dengan akuntansi dapat disandingkan. Jadi jika disimpulkan ekonomi adalah sistem aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi , distribusi , pertukaran dan kosumsi barang dan jasa.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide