Manfaat dan fungsi vitamin bagi tubuh

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi oleh tubuh adalah vitamin. Vitamin adalah senyawa organik berbobot molekuel kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme tubuh, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitmain dibedakan menjadi dua yaitu vitamin yang larut didalam air seperti vitaminB dan C dan vitamin yang larut didala air seperti vitamin A, D, E dan K. Vitamin terdiri dari 13 jenis diantaranya vitamin A, B1, B2, B3, B5, B7, B9, C, D, E, K, B6, B12. Tubuh hanya memproduksi vitamin D dan vitamin K menjadi provitamin. Oleh karena itu, kita harus memberikan asupakan vitamin didalam tubuh. Meskipun tubuh hanya membutuhkan 7mg perhari vitamin tetapi jika kebutuhan vitamin tidak terpenuhi maka proses metabolisme didalam tubuh akan terganggu. Gangguan karena kekurangan vitamin disebut avitaminosis.  Manfaat dan fungsi vitamin bagi tubuh  manusia diantaranya



- Vitamin A berfungsi untuk penglihatan, vitamininiakan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. vitamin a jugaberfungsi melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakeri patogen. Mekanisme pertahanan ini termasuk kedalam sistem imun eksternal, karena sistem imun ini berasal dari luar tubuh. Salah satu bentuk laindari vitamin A adalah beta karoten yang merupakan senyawa dengan aktivitas anti oksidan yanag mampu menangkal radikal bebas.

- Vitamin C berfungsi untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan dan jaringan lain ditubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapatmenyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil dan luka ringan.

- Manfaat dan fungsi vitamin bagi tubuh manusia lainnya adalah Vitamin E berfungsi untuk menjaga keseimbangan air didalam tubuh sehingga sangat baik untuk wajah yang kering dan kusam. Vitamin E melindungi dinding arteri danmencegah terjadi oksidasi kolesterol jahat. Oksidasi kolesterol merupakan sinyal awal yang menandai adanya penyumbatan arteri.Vitamin E membantu mengurangi resiko serangan jantung dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Vitamin E dapat menjadi pengawet alami karena vitamin e didalam minyak nabati membantu menjaga makanan agar tetap segar dan melindungi vitamin A dalam makanan dari oksidasi.

- Vitamin D dapat membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D meningkatkan absorsi kalsium disaluran pencernaan. Selain itu, vitamin D sistem meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai jenis kanker. Apabila terjadi kekurangan vitamin  D didalam tubuh maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan penyakit antara lai, osteoporosis, osteopena, diabetes, hipertensi danberbagai penyakit jantung.

Manfaat dan fungsi vitamin bagi tubuh manusia sangat banyak. Semua itu bertujuanbaik untuk metabolisme tubuh agar berjalan dengan lancar. Untuk itu kita harus memenuhi kebutuhan 13jenis vitamin yang ada. Penyakit yang dapat dialami jika kita kekurangan vitamin sangat banyak. Karena itu penuhilah kebutuhan vitamin kita dengan makan buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber makanan yang plaing lengkap kandungan vitaminnya dibandingkan makanan lain atau suplemen.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide