Langkah-langkah membuat makalah yang baik dan benar

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Mahasiswa sering mendapatkan tugas oleh dosen untuk membuat makalah. Makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas topik permasalahan berdasarkan fakta dan data. Makalah dapat dikerjaan secara individu ataupun kelompok. Dalam membuat makalah kita akan melakukan penelitian dan mencari data beserta fakta yang dapat dipercaya dan akurat dalam membahas inti permasalahan. Bagi par pembaca yang sedang belajar membuat makalah dengan langka-langkah membuat makalah yang baik dan benar maka harus mengetahui format dalam penulisan makalah terlebih dahulu Langkah-langkah membuat makalah yang baik dan benar:



1. Menggunakan kertas A4 atau HVS polio
2. Ukuran margin atas : 4 cm, bawah: 3 cm Kanan : 4cm dan kiri : 3 cm
3. Ukuran huruf / fornt 12 
4. Menggunakan tipe huruh arial 
5. Setiap halaman diberi nomor halaman.
Format dalam pembuatan makalah tersebut merupakan langkah awal dalam proses pembuatan makalah sebuah makalah memiliki jumlah minimal 12 lembar atau lebih. Langkah langkah dalam membuat makalah yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

1. Bagian pembuka 
- Halaman depan atau cover
Halaman depan berisi judul makalah, nama pemakalah, nama dosen pembimbing, nama istansi beserta lambang dan tahun ajaran.
- Kata pengantar 
Pada bagian kata pengantar berisi kata pengantar yang ditulis oleh penulis. Isi didalam kata pengantar berupa ucapan terima kasih penulis kepada orang yang telah membantunya dalam mengerjakan makalah.
- Daftar isi 
Bagian daftar isi sangat penting karena isi nya berupa nomor halaman setiap lembar makalah. Untuk halaman depan tidak diberi nomor halaman. Sedangkan huruf  i,ii,iii dan seterusnya untuk halaman bagian pembuka dan untuk angka 1,2,3 dan seterunya untuk bagian isi hingga penutup. Bagian penunjana berupa daftar pusta dan lampiran tidak dibuat nomor halaman.

2. Bagian isi
- Pendahuluan
Bagian pendahuluan berupa latar belakang yaitu asal usul atau sejarah dari topik yang akan dibahas. Rumusan masalah adalah hal yang akan dibahas atau bahan yang menjadi pembahasan. Tujuan dan manfaat berupa tujuan dari maksud pemakalah membahas permasalahan tersebut dan manfaatnya bagi pembaca.
- Pembahasan
Bagian pembahasan berisi materi penjelas dari rumusan masalah yang telah diuraikan pada pada bagian pendahuluan.

3. Penutup 
- Langkah-langkah membuat makalah yang baik dan benar selanjutnya dalah penutup yang berisi kesimpulan dari pembahasan yang telah dijelaskan beserta kritik dan saran. 

4. Bagian penunjang
- Daftar pustaka berisi sumber-sember materi yang didapat dalam membuat makalah tersebut.
- Lampiran

Langkah-langkah membuat makalah yang baik dan benar tidaklah sulit jika telah mengikuti langkah-langkah diatas. Sebagai pemakalah anda harus menguasai materi anda dan percaya diri bahwa semua penjelasan tersebut akurat bedasarakan fakta dan data.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide