Ini Dia Contoh Makalah Koloid

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah koloid. Dalam kehidupan kita terdapat yang namanya perubahan antaranya zat kimia terhadap alam yang kemudia berkembang menjadi pengetahuan mmebuat para ilmuam membuat suatu penemuan yang menhasilkan produk baru dari system kimia tersebut. Salah satu system kima adalah system koloid. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan lebih dalam mengenai system koloid yang menghasilkan beberapa produk yang sering kita jumpai sehari-hari seprti susu, tinta dan agar-agar. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.




Dari pembahasan makalah koloid dapat simpulkan bahwa system koloid merupakan merupakan suatu bentuk campuran dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang cukup besar (1 - 100 nm), sehingga terkena efek Tyndall. Bersifat homogen berarti partikel terdispersi tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi atau gaya lain yang dikenakan kepadanya; sehingga tidak terjadi pengendapan. Contoh produk yang sering kita temui di kehidupan sehari hari adalah susu, agar-agar dan tinta. Jenis koloid terdiri dari 3 jenis menurut fase terdisperesinya yaitu sol atu fase terdispersi padat. Contohnya logam, gelas warna dan intan hitam. Kemudia yang kedua adalah emulsi atau fase terdispersi cair. Contohnya jelly, keju dan mentega. Dan yang ketiga adalah buih atau fase terdispersi gas, contohnya Batu apung, marshmallow, karet busa, Styrofoam. Sifat-sifat darisistem koloid diantaranya adalah efek tydall ialah gejala penghamburan berkas sinar (cahaya) oleh partikel-partikel koloid.  Kemudian adalah gerak brown ialah gerakan partikel-partikel koloid yang senantiasa bergerak lurus tapi tidak menentu (gerak acak/tidak beraturan). Dan sifat koloid selanjunya adalah absorbsi, muatan koloid, koagulasi, koloid, koloid pelindung,dialisis dan elektroforesis.

Demikian makalah koloid yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide