Ini Dia Contoh Makalah Identitas Nasional

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah identitas nasional. Identitas merupakan ciri khas yang menerangkan sifat yang dimiliki oleh seseorang, kelompok atau suku tertentu dan Negara. Setiap orang memiliki identisanya masing-masing hal ini yang membuat orang berbeda satu sama lainnya. Namun, perbedaan tersebut bukanlah penghalang dalam menjalin hubungan. Negara memiliki identitas yang membuatnya berbeda dengan Negara lain. Indonesia memiliki identitas nasional yang membuatnya di kenali oleh bangsa sendiri dan tentunya Negara lain. Identitas nasional diciptakan dan dibentuk oleh kesepakatan warga Negara. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan identitas Negara Indonesia yang unik hingga membuat banyak negara lain terpukai akan keindahan negara Indonesia. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.




Dari pembahasan makalah identitas nasional dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap negera memiliki ciri khasnya masing-masing mulai dari bahasa, adat istiadat, agama dan budaya. Factor penyebab setiap negara memiliki ciri khasnya masing-masing di karenakan factor geografis yaitu letak suatu negara yang mempengaruhi cara hidup mereka serta factor alam dan penduduk juga mempengaruhi peradaban dan kepercayaan meraka. Begitu pula dengan Indonesia, warga negara Indonesia sangatlah banyak dan terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama. Oleh karena itu, Indonesia memegang semboyan bhineka tugal ika yang berarti walaupun berbeda tetapi tetap sama. Perbedaan suku, budaya dan bahasa di setiap daerah Indonesia membuat banyak perbedaan. Kerena itu, Indonesia membutuhkan alat pemersatu bangsa yaitu dengan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Dalam menjalin hubungan yang baik adalah dengan berkomunikasi. Karena terlalu banyak bahasa daerah membuat orang tidak bisa berkomunikasi lintas daerah. Maka, dengan adanya bahasa Indonesia membuat masyarakat Indonesia dapat berkomunikasi. Selain bahasa yang menjadi identitas nasional Indonesia adalah lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya, kemudian dasar negara atau ideology negara yaitu Pancasila. Lambang negara dan bendera nasional yaitu burung garuda dan bendera merah putih. Semboyan negara bhinneka tunggal ika termasuk identitas negara dan Undang-Undang Dasar 1945 serta bentuk negara kesatuan republic Indonesia yang berkedaulatan rakyat dan konsepsi wawasan nasional dan kebudayaan nasional. Semua hal tersebut adalah identitas negara Indonesia yang merupakan alat pemersatu bangsa dan membedakan negara Indonesia dengan negara lain.

Demikian makalah identitas nasional yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide