Ini Dia Contoh Makalah Gempa Bumi

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah gempa bumi. Ilmu Geografi merupakan ilmu yang mempelajari berbagai hal tentang bumi, termasuk gejala – gejala alam dan manusia, seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi dan kependudukan. Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang sangat menghancurkan dan sulit atau bahkan tidak bisa dideteksi. Penulis akan membahas salah satu bencana alam yaitu gempa bumi. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas masalah gempa bumi dan penyebabnya. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.




Dari pembahasan makalah gempa bumi diatas dapat disimpulkan bahwa gerakan keras dan terjadi secara tiba – tiba dibawah permukaan bumi disebut gempa bumi. Kadangkala bumi bergoncang hebat, sehingga bangunan rumah dan gedung-gedung runtuh, jalan dan jembatan rusak serta saluran air dan kawat listrik putus. Gempa merupakan peristiwa alam yang sangat menghancurkan. Gempa terjadi tidak dengan peringatan atau tanda-tanda awal, tetapi berlangsung begitu saja. Getaran dahsyat dapat mengguncang dan membelah bumi. Akibatnya, bangunan-bangunan dipermukaan bumi rusak dan hancur. Gempa bumi terjadi oleh beberapa penyebab. Secara umum, penyebab gempa bumi dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu tektonik, vulkanik, dan runtuhan. Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa bumi itu terjadi. Kejadian alam seperti bencana alam khususnya gempa bumu merupakan kuasa Tuhan sebagai pencipta tetapi sebagai manusia yang menempati dan menikmati seisi alam kita harus menjada dan melindungi kelestarian alam tersebut sehingga alam dapat bertahan lebih lama ke indahannya dan fungsinya demi kehidupan ke generasi selanjunya. 

Demikian makalah gempa bumi yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide