Ini Dia Contoh Makalah Demokrasi

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah demokrasi. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang dianut oleh Negara Indonesia. Tidak hanya Negara Indonesai tetapi banyak negar yang menganut bentuk pemerintahan demokrasi. System pemerintahan Indonesia adalah system presidensial namun, menjungjung tinggi demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Abraham Lincon, doemokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Indonesia telah menerapkan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari seperti kebebasan bependapat, kebebasan pers, kebebasan memilik dalam pemilu. Semua itu bertujuan untuk kesejahteraan rakyat itu sendiri. Rakyat diberikan hak dalam menyuarakan pendapatnya sehingga keadilan terbentuk. Tujuan penulis menulis makalah ini untuk memberik penjelasan lebih mendalam tentang demokrasi yang membebaskan rakyatnya tetapi tetap memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi sesuai undang-undang sehingga rakyat tetap mengontrol tutur katanya agar tidak menyakiti atau merugikan orang lain yang tak bersalah. Serta dampak positif dan negative dari demokrasi itu sendiri. Penulis telah melakukan penelitian dan membaca beberapa buku serta artikel sebagai referensi saya membuat makalah ini. Maka dari itu, saya mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya atas arahan dan masukannya dalam pengerjaan makalah ini. Tidak lupa, saya berterima kasih kepada keluarga, teman dan rekan sekalian yang telah banyak membantu dan memberikan dukungan kepada saya sehingga saya dapat mengerjakan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf kepada para pembaca jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu. Saya mengharapkan kritikan yang membangun untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahsan diata tentang makalah demokrasi dapat ditarik kesimpulan bahwa demokrasi merupakan cara yang efektif dalam menjalankan pemerintahan yang mengutamakan kesejahteraan rakyat. Pengertian demokrasi itu sendiri adalah bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipas baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. Demokrasi dibendakan menjadi dua bentuk yaitu demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan . Demokrasi langsung adalah semua warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Seperti pemilihan umum wakil rakyat dan presiden masyarakat memiliki hak pilih secara langsung dalam memilih wakil rakyat yang akan duduk memwakili rakyat. Skemudian demokrasi perwakilan adalah seluruh rakyat masih merupakan satu kekuasaan berdaulat namun kekuasaan politiknya dijalankan secara tidak langsung melalui perwakilan. Disinilah peran dari orang-orang yang telah dipilih rakyat untuk menyampaikan apresiasi mereka kepada presiden. Maka, dari itu setiap jajaran pemerintahan memiliki tanggung jawab untuk melayani rakyat bukan sebagai tempat mencari nafkah semata dengan mengambil kesempatan untuk menguntungkan kepentingan pribadi. Karena, rakyatlah yang memiliki andil besar dalam suatu Negara. Maka, pemerintahan harus berjalan untuk mensejahterakan rakyatnya.

Demikian makalah demokrasi yang telah dibahas. Tiada henti, saya selaku penulis mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, terima kasih kedapa keluarga, teman dan rekan-rekan saya yang telah banyak membantu dan emmebrikan dukungan baik secara moril maupun materi. Saya mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua terutama mengenai cara mengapresiasikan pendapat dengan baik dan benar dalam bentuk pemerintahan demokrasi.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide