Ini Dia Contoh Makalah Bank Syariah

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah bank syariah. Didalam system perekonomian tidak akan terlepas dari peranan bank. Bank merupakan sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang dan menerbitkan promes atau yang sering dikenal dengan banknote. Indonesia merupakan Negara islam dimana sebagian besar penduduknya beragama islam. Karena itu, muncul perbankan sesuai dengan system islam dimana didalan ajaran islam dilarang untuk meminjamkan uang dan memungut pinjaman dengan mengenakan bunga. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan system perbankan syariah di Indonesia. Saya telah melakukan penelitian dan mengamatan serta membaca beberap buku dan artikel sebagai referensi dalam membuat makalah ini. Maka dari itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepda guru pembimbing saya yang telah mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Serta, saya ingin berterima kasih kepada keluarga, teman dan rekan sekalin yang telah banyak membantu sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Tidak lupa, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. 




Dari pembahasan makalah bank syariah diatas dapat disimpulkan bahwa perbankan syariah berbedah dengan prinsip perbankan konvensional dimana bank syariah memiliki prinsip dalam hukum islam yang melarang unsure unsure transaksi berupa perniagaan atau barang-barang yang haram menurut islam, bunga atau yang biasa di sebut riba, perjudian atau spekulasi yang disengaja dan ketidak jelasan dan manipulasi uang. Namun, tujuan perbankan syariah dan perbankan konvensional sama yaitu, agar lembaga perbankan dapat menghasilkan keuntungan dengan cara meminjamkan modal, menyimpan dana, membiayai suatu usaha atau kegiatan usaha lainnya. Didalam perbankan syariah tidak terdapat system bunga melainkan sistema bagi hasil yang merupakan pembagian hasil keuntungan sesuai rasio yang telah disepakati bersama. Begitupun sebaliknya untuk kerugian yang dialami akan dibagi sesuai rasio ekuitas yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Bank syariah juga menganut system jual beli dimana penyeluran dana dalam bentuk jual beli. Bank akan membeli barang yang diperlukan oleh pengguna jasa dan menjualnya kembali kepada pengguna jasa tersebut dengan menaikkan harga penjualan sesuai margin yang di tetapkan oleh perbankan. Hubungan antara nasabah dan perbankan adalah kemitraan. Prinsip-prinsip dalam perbankan islam telah dilakukan sejak dulu kala, namun baru di abad ke 20, prinsip dalam hukum islam baru di terapkan oleh perbankan di Indonesia bahkan di dunia dengan berdirinya bank-bank yang menerapkan hukum islam didalmnya.

Demikian makalah bank syariah yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepda semua orang yang telah membatu dan mendukung saya dalam mengerjakan makalah ini. saya memohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide