Contoh Sistematika Penulisan Makalah

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
           Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul sistematika penulisan makalah. Makalah memiliki beberapa bagian diantaranya pembuka, isi dan penutup. Setiap bagian memiliki sistematika penulisan yang berbeda namun berhubungan satu sama lain yaitu membahas tema yang akan diangkat menjadi topic pembahasan. Tujuan pemakalah dalam menulis makalah ini adalah untuk membatu pembaca untuk menyusun sistematika penulisan makalah yang baik dan benar. Pentinga bagi mahsiswa dan pelajar untuk mengetahui cera penyusunan sistematika makalah yang benar Karen makalah merupakan karya tulis ilmiah skala kecil yang sama dengan skripsi. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang hampir sama sistematika penulisannya namun dalam ruang lingkup yang lebih besar dari makalah. Makalah merupakan tugas yang sering diberikan guru dan dosen kepada anak didiknya, bertujuan untuk memberikan tugas mandiri kepada anak didik disisi lain membatu para anak didik untuk berlatih dalam menulis karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Maka dari itu, pemakalah menulis makalah mengenai sistematika penulisan makalah dengan melakukan penilitian dan membaca beberapa buku serta artikel sebagai referensi saya dalam membuat makalah ini. Tiada henti, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam membuat makalah ini serta dukungannya baik secara materi maupun moril sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan benar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk membatu saya melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah mengenai sistematikan penulisan makalah dapat ditarik kesimpulan bahwa sistematika penulisan makalah terdiri dari tiga bagian yaitu pembuka, isi dan akhir. Pembuka diurai lagi menjadi beberapa bagian diantaranya sampul atau cover makalah yang berisi judul makalah, nama pemakalah gur/ doesen pembimbing serta nama isntansi dan logo serta tahun ajaran, bagian berikutnya adalah kata pengantar yang mengandung kata pengatar dari pemakalah setelah itu, daftar isi yang memuat nomor halaman setiap bagian makalah. Bagian kedua adalah isi makalah yang terdiri dari bab 1 pendahuluan, berupa latar belakang yang berisi asal muasal topic yang akan dibahas, tujuan penulis dan metode penelitian Berikutnya bab 2 rumusan masalah yang menjadi topic berupa pembahasan topic dan manfaat yang didapat dari pembahasan. Selanjutnya bab 3 berisi pembahasan materi makalah dari awal, tengah dan akhir. Kemudian bab 4 yaitu berisi penutup yang memuat kesimpulan dan kritik serta saran. Sistematika penulisan makalah tertata dengan sistematis menjadikan karya tulis ilmiah yang bermanfaat bagi pembaca.

Demikian makalah tentang sistematika penulisan makalah. Saya selaku penulis mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu dan memberikan dukungan kepada saya baik secara materi ataupun moril sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pembuatan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu. Semoga makalah ini membarikan manfaat dan informasi kepada para pembaca dalam membuat sampul makalah yang baik dan benar.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide