Macam-Macam Penyakit Pada Tumbuhan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang berperan sangat penting bagi kehidupan ini. Bagaimana tidak, tumbuhan banyak memberikan kontribusi untuk kehidupan. Tumbuhan menyediakan oksigen dengan cara berfotosintesis. Tumbuhan juga banyak bermanfaat untuk manusia. Tumbuhan menyediakan makanan untuk manusia. Tumbuhan mengandung protein nabati yang sangat bagus untuk tubuh manusia. Mengingat banyak dan pentingnya peran tumbuhan bagi kehidupan ini, tentunya skan sangat buruk akibatnya jika tumbuhan terserang penyakit. Jangan kira tumbuhan tidak bisa terserang penyakit. Tumbuhan juga makhluk hidup yang bisa terserang virus penyakit maupun bakteri. Berikut ini adalah macam- macam penyakit pada tumbuhan yang bisa Anda jadikan sebagai pengetahuan.



1. Penyakit tumbuhan rebah kecambah 
Penyakit yang bisa menyerang tumbuhan yang pertama yaitu penyakit rebah kecambah. Penyakit ini menyerang tumbuhan yang baru saja tumbuh atau dalam artian masih berupa kecambah. Munculnya penyakit ini sangat perlu diperhatikan. Sebab, penyakit ini dapat menyebabkan tumbuhan gagal tumbuh. Penyakit rebah kecambah merupakan penyakit yang berupa pembusukan pada akar tumbuhan atau pembusukan pada kecambah. Penyakit rebah kecambah sendiri disebabkan oleh serangan Phythium sp.  atau Rhizoctonia solani. 

2. Penyakit tumbuhan embun tepung 
Penyakit ini sangat membahayakn tumbuhan yang memproduksi biji. Penyakit embun tepung merupakan penyakit yang menyerang bagian biji tumbuhan. Penyakit ini akan mengakibatkan biji tumbuhan yang baru tumbuh menjadi busuk dan mati. Penyakit embun tepung juga bisa menyerang biji tumbuhan yang sudah mempunyai daun. Tandanya, daun akan berbercak hitam di setiap permukaannya dan tumbuhan menjadi kerdil. Penyebabnya adalah Paranospora parasitica.

3. Penyakit tumbuhan CVPD 
Macam- macam penyakit pada tumbuhan yang satu ini sering menyerang buah jeruk. CVPD merupakan kependekan dari Citru Vein Phloem Degeneration. Bagian yang diserang oleh penyakit CVPD ini sendiri adalah pembuluh tapis pada batang buah jeruk nipis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Tanda- tandanya berupa daun yang menguncup dan buah jeruk nipis berwarna kuning, bukan hijau seperti semestinya. Penyakit ini tentu merugikan bagi petani jeruk.

4. Penyakit pada tumbuhan padi 
Penyakit yang menyerang tumbuhan padi ini adalah penyakit yang disebabkan oleh Pylicularia oryzae. Bagian padi yang biasa diserang adalah ruas batang dan butir padinya. Tentu ini akan sangat merugikan. Bagi petani padi, penyakit ini sudah seperti musuh. Bagaimana tidak, penyakit ini akan menyebabkan batang padi mudah patah kemudian mati. Ini akan menurunkan hasil panen. Tak hanya petani, bagi semua orang penyakit ini juga merugikan. Megingat padi adalah bahan makanan pokok masyarakat. Jika terserang penyakit, maka persediaan bahan makanan akan berkurang.

5. Penyakit tumbuhan mozaik tambakau 
Penyakit ini tentu saja menyerang tumbuhan tembakau. Penyakit mozaik tembakau diakibatkan oleh virus bernama sama, yaitu virus TMV atau Tobacco Mosaic Virus. Virus ini akan merugikan para petani tembakau. Karena akan menyebabkan bercak putih pada tembakau yang menurunkan kualitasnya.
Demikian  macam- macam penyakit pada tumbuhan. Penyakit tersebut wajib diwaspadai mengingat tumbuhan merupakan unsur yang penting dalam kehidupan.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide