Gejala Dan Pencegahan Penyakit Paru-Paru Basah

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Paru- paru basah merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa berujung pada kematian. Penyakit paru- paru basah atau dalam sitilah kedokteran dikenal dengan pneumonia merupakan penyakit pada saluran pernapasan yaitu paru- paru akibat infeksi jamur, virus maupuan bakteri. Ulasan berikut ini akan membahas tentang gejala dan pencegahan penyakit paru- paru basah. Namun sebelum membahas hal tersebut, akan sedikit dibahas tentang penyakit ini.

Paru- paru basah, bisa menyerang karena hal sederhana, yaitu menghirup tetesan kecil bersama udara yang mengandung organisme penyebab penyakit paru- paru basah. Selain itu, virus penyebab penyakit paru- paru basah juga bisa disebabkan oleh kontaminasi bersin dan batuk yang menyebabkan masuknya virus tersebut ke dalam paru- paru. Mengingat begitu pentingnya penyakit ini untuk diketahui lebih dini, berikut ini adalah gejala penyakit paru- paru basah.



Gejala penyakit paru- paru basah
Gejala awal yang ditimbulkan oleh penyakit paru- paru basah ini adalah nafsu makan berkurang dan berkurangnya berat badan. Gejala yang lebih spesifik akan ditunjukkan oleh penderita penyakit paru- paru basah berupa demam, batuk yang berkepanjangan, batuk yang berlendir hingga mengalami sesak napas.

Gejala lain yang akan nampak pada penderita penyakit paru- paru basah diantaranya adalah telapak tangan dan kaki sering mengalami keringat dingin dan sering basah, batuk yang disertai dengan dahak dan dada akan terasa sakit ketika batuk.

Dalam beberapa kasus, penyakit paru- paru basah juga dapat menyebabkan perubahan pada warna kulit. Hal ini karena darah yang mengalir pada tubuh cenderung kekurangan oksigen. Sehingga mengakibatkan warna kulit berubah menjadi keunguan.

Jika dijumpa gejala- gejala seperti di atas, sebaiknya segera dilakuakan penanganan yang lebih lanjut. Memeriksakan diri ke dokter bisa menjadi solusinya.

Gejala dan pencegahan penyakit paru- paru basah juga akan memberikan langkah- langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit paru- paru basah berikut ini.

Pencegahan penyakit paru- paru basah
Penyakit paru- paru basah, dapat dicegah dengan beberapa hal berikut ini:

1. Menghindari kebiasaan merokok
Merokok memang merupakan hal merugikan yang bisa menyebabkan datangnya beberapa penyakit termasuk penyakit paru- paru basah. Tentu Anda sudah tahu hal ini bukan? Jika Anda ingin terhindar dari penyakit paru- paru basah, sebaiknya jangan biasakan diri untuk merokok.

2. Menghindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol
Alcohol juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Terutama untuk kesehatan paru- paru Anda. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit pernapasan seperti paru- paru basah, Anda harus menghindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

3. Menjaga kebersihan
Hal terakhir sebagai upaya pencegahan paru- paru basah tersebut adalah dengan menjaga kebersihan diri. Terutama kebersihan tangan. Sebab, tangan bisa menjadi perantara masuknya mikroorganisme penyebab paru- paru basah.

Demikian sekilas tentang penyakit paru- paru basah termasuk gejala dan pencegahan penyakit paru- paru basah. Hal- hal yang berkaitan dengan paru- paru basah tersebut supaya menjadi himbauan dan kewaspadaan bagi masyarakat yang ingin sehat.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide