Contoh Laporan Uji Makanan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Makanan merupakan bahan yang biasanya berasal dari darat ataupun laut yang kemudian diolah dengan cara digoreng,direbus atau dipanggang dan kemudian dimakan untuk memberikan tenaga dan nutrisi.kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi adalah kebutuhan sandang, papan, pangan. Pangan yang berarti makan adalah salah satu kebutuhan utaman yang harus dipenuhi. Contoh laporan uji makanan bertujuan untuk jumlah kandungan nutrisi yang terkandung pada makanan seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin serta mengetahui apakah makanan yang kita konsumsi aman atau tidak. Ada beberapa bahan pangan yang layak dikonsumsi dan ada juga yang mengandung bahan berbahaya dan tidak termasuk kedalam bahan pangan. Untuk itu, laporan uji makanan dapat meneliti kandungan yang terdapat pada makanan. lihat ke bawah Contoh Laporan Uji Makanan. 

Contoh laporan uji makanan melampirkan kandungan zat apa saja dan berapa jumlah kandungan zat yang terdapat pada makanan. Karbohirat adalah senyawa organic yang terdiri dari unsur karbon, hydrogen dan oksigen. Karbohirat terdiri dari dua jenis yaitu karbohirat sederhana, yang terkandung dalam nasi, jagung, singkong dan lain lain. Yang kedua adalah karbohirat kompleks yang terkandung dalam sayuran. Zat yang dibutuhkan tubuh lainnya adalah protein, adalah senyawa organic yang berupa senyawa asam amino yang berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme tubuh. Sumber protein terbagi dua yaitu protein hewani yang berasal dari jenis hewan, telur dan susu dan protein nabati yang berasal dari tumbuhan. Lemak adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak adalah zat mikro yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dan menyimpan kelebihan energi yang berasal dari makanan. Lemak terbagi menjadi tiga jenis yaitu lemak jenuh, bersifat jahat karena mengandung kolesterol tinggi, lemak tak jenuh, lemak ini nengandung kolesterol yang lebih rendah dibandungkan lemak jenuh sehingga aman dikonsumsi, kemudian lemak trans yang bersal dari lemak tak jenuh tetapi telah mengalami trasformasi sehingga mengandung kolesterol yang tinggi. Sumber lemak trans terkandung dalam bahan makanan seperti mentega. Mineral, adalah senyawa padat kimia homogen, non organic, yang memiliki bentuk teratur dan terbentuk secara alami. Jenis-jenis mineral yang dibutuhkan olelh tubuh diantaranya kalsium, magnesium, seng, zat besi, kalium, selenium, natrium, klorida dan mineral lainnya.

Contoh ujian laporan makanan yang mengandung zat-zat tersebut dapat diuji menggunkan indicator uji makanan sebagai berikut:
Lugol, digunakan untuk mendeteksi kandungan makanan pada bahan makanan jenis amilum (tepung)
Benedict, digunakan untuk menunjukkan kandungan makanan kelompok gula.
Biuret, digunakan unutk menunjukkan bahan makanan kelompok protein
Etanol / kertas buram, digunakan untuk menunjukkan bahan makanan yang mengandung lemak/minyak.
Metilen blue, digunakan untuk menunjukkan bahan makanan yang mengandung vitamin c.
Contoh laporan uji makanan dapat diteliti menggunakan indicator uji makanan tersebut atau yang sering disebut reagen. 

Berikuti ini contoh laporan uji makanan


Demikian contoh laporan uji makanan yang telah kami lampirkan dan dibahan. Laporan uji makanan diatas bias dijadikan referensi atau pedoman dalam menguji makanan. Penting bagi kita untuk mengetahui seberapa besar jumlah asupan nutrisi bagi tubuh dengan menguji kandungan bahan makanan tersebut. Agar kita tidak salah kapra dalam memberi asupan nutrisi kedalam tubuh, karena tubuh membutuhkan nutrsi yang seimbang tidak kurand dan tidak juga berlebihan untuk memberikan pengaruh yang optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Semoga contoh laporan uji makanan bias bermanfaat dan memberikan pengetahuan lebih akan sumber dan manfaat nutrisi untuk tubuh kita.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide