Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Polio

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Polio merupakan salah satu penyakit yang mengerikan. Pencegahan penyakit polio pun sudah dimulai sejak dini. Ketika balita, anak sudah diberikan imunisasi polio. Itu artinya penyakit ini begitu serius dan harus dilakukan pencegahannya sejak dini. Sebelum membahas tentang ciri- ciri dan gejala penyakit polio mari kita mengenal lebih dahulu tentang penyakit polio ini.

Dalam dunia kedokteran penyakit polio lebih dikenal dengan nama penyakit poliomyelitis. Penyakit polio merupakan penyakit yang dapat menimbulkan kelumpuhan. Penyakit polio sendiri disebabkan oleh virus. Agaknya Anda harus lebih berhati- hati karena penyakit polio merupakan penyakit yang menular. Jadi virus polio bisa dengan mudah menjangkit manusia. Penyakit polio ini tidak mengenal usia yang dijangkitnya. Namun sebagian besar, penyakit polio dialami oleh anak- anak.



Ciri- ciri penyakit polio
Penyakit polio dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu polio non-paralisis, polio paralisis spinal dan polio bulbar. Berikut ini akan diulas tentang ciri- ciri penyakit polio berdasarkan 3 jenis penyakit polio tersebut.

1. Polio non-paralisis
Polio non-paralisis memiliki ciri- ciri yang dapat menyebabkan demam, muntah hingga sakit perut. Selain itu, akan terjadi kelumpuhan ringan yang berupa kram otot pada bagian leher dan kram otot pada bagian punggung. Kemudian disertai dengan otot- otot tubuh yang terasa lembek atau lemah.

2. Polio paralisis spinal
Polio paralisis spinal ini akan menyerang bagian tulang belakang. Disinilah akan terlihat pentingnya imunisasi. Sebab, bagi seseorang yang sudah pernah memperoleh vaksin polio, maka kelumpuhan hanya terjadi pada kaki saja. Sedangkan untuk orang yang belum pernah merasakan vaksin polio, maka yang terjadi bisa lebih buruk lagi, yakni bisa menyerang seluruh saraf yang ada di sumsum tulang belakang dan seluruh tubuh.

3. Polio bulbar
Polio bulbar ini merupakan penyakit polio yang paling ganas. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Sebab, penyakit polio ini langsung menyerang saraf pada otak.

Ciri- ciri dan gejala penyakit polio juga akan membahas tentang gejala atau tanda- tanda penyakit polio sebagai berikut.

Gejala penyakit polio

1. Polio non-paralisis
Gejala yang tampak pada polio jenis ini berupa demam, sakit perut, muntah hingga menyebabkan tubuh lesu. Selain itu juga terjadi kram otot dan otot terasa lemah atau lembek. Namun tenang saja, gejala ini akan timbul selama 2 hingga 10 hari. Kemudian gejala tersebut akan hilang dan sembuh begitu saja.

2. Polio paralisis spinal
Untuk seseorang yang sudah memiliki kekebalan, maka gejalanya akan berupa kelumpuhan pada kaki. Sedangkan untuk seseorang yang belum memiliki kekebalan maka bisa saja kelumpuhan yang dialami hingga ke seluruh tubuh.

3. Polio bulbar
Gejala penyakit polio jenis ini, akan semakin kompleks. Pernapasan, gerak bola mata, dan lain- lain akan mengalami gangguan. Bahkan tanpa alat bantu pernapasan yang efektif, penyakit polio ini bisa sampai pada kematian.

Demikian ciri- ciri dan gejala penyakit polio. Mengingat penyakit ini tidak bisa dianggap sepele, maka ulasan diatas menjadikan waspada agar tidak terjangkit polio.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide