Pengertian Bencana Alam Tsunami

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Akhir- akhir ini kata tsunami memang lebih popular dan merebak. Seiring dengan beberapa kali bencana tsunami terjadi di dunia. Kejadian mengejutkan dunia tentang bencana alam tsunami dimulai dengan terjadinya bencana alam tsunami di Aceh, Indonesia. Beberapa tahun kemudian, Jepang menjadi amukan bencana alam yang dahsyat ini. Semakin maraknya terjadi tsunami, maka membuat orang- orang ingin tahu tentang bencana alam tsunami ini secara mendetail. Apa itu sebenarnya bencana alam tsunami, apa penyebabnya, bagaimana tsunami bisa terjadi, merupakan beberapa pertanyaan umum yang muncul dikepala masyarakat ketika mendengar kata tsunami. Berikut ini adalah ulasan tentang pengertian bencana alam tsunami dan beberapa hal yang terkait dengan tsunami.



Pengertian tsunami
Secara kasat mata, bencana alam tsunami dapat diartikan sebagai gelombang tinggi dari laut atau samudera yang memporak- porandakan pantai dan daratan sekitarnya. Secara istilah, bencana alam tsunami dibagi menjadi dua kata. Dua kata ini merupakan kata dalam bahasa jepang. Yaitu “tsu” yang diartikan pelabuhan dan “nami” yang diartikan sebagai gelombang. Jika dirangkai menjadi satu kalimat yang padu, maka secara istilah tsunami adalah gelombang yang sampai di pelabuhan atau pantai. Mungkin akan timbul di kepala Anda, mengapa tsunami hanya diartikan sebagai gelombang pelabuhan, apakah tsunami tidak terjadi di tengah lautan? . Istilah tersebut tercetus dari kisah nelayan Jepang. Ketika mereka berlayar, mereka hanya merasakan adanya gelombang yang tidak seperti biasanya. Namun ketika mereka sampai di pelabuhan, ternayata daerah pelabuhan dan sekitarnya telah porak- poranda. Jadi, tsunami hanya merupakan gelombang yang menyapu pelabuhan. Di tengah lautan, gelombang ini berupa gelombang biasa dengan kekuatan yang lebih besar.

Pengertian bencana alam tsunami secara garis besar yaitu sebuah gelombang yang sangat besar, dengan kekuatan mampu menhancurkan pantai dan daerah sekitarnya, yang disebabkan oleh beberapa hal yang terjadi di dasar laut dengan jarak tertentu dari pantai. Sebab, beberapa getaran kuat yang terjadi di dasar laut, ada yang bisa menimbulkan tsunami, namun ada pula yang tidak menyebabkan tsunami.

Penyebab tsunami
Tsunami dipicu oleh getaran yang terjadi di dasar laut. Getaran tersebut bisa disebabkan oleh gempa dasar laut maupun gunung dasar laut yang meletus sehingga menyebabkan guncangan yang dahsyat pada dasar laut. Selain itu, tsunami juga dapat disebabkan oleh jatuhnya benda angkasa ke laut yang menyebabkan dasar laut tergoncang. Namun secara umum yang sering terjadi, tsunami disebabkan oleh gempa yang terjadi di dasar laut. Gempa tersebut dengan kekuatan tertentu dapat memicu timbulnya gelombang dengan energi yang sangat besar.

Proses terjadinya tsunami
Proses terjadinya tsunami itu sendiri diawali dengan guncangan yang sangat dahsyat di dasar laut. Kemudian timbul gelombang besar dengan kekuatan yang sangat dahsyat menuju ke pantai. Gelombang tersebut mampu menghancurkan pantai bahkan beberapa daerah di sekitar pantai, tergantung besar energy yang dibawanya.

Demikian ulasan tentang pengertian bencana alam tsunami, dan beberapa hal yang berkaitan dengan tsunami. Dengan pengetahuan tersebut, bencana alam tsunami dapat lebih diketahui pegertian, penyebab dan prosesnya.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide