Inilah menu makanan sehat setiap hari

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Untuk menjaga tubuh kita agar tidak gampang sakit tubuh memnbuthkan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Untuk itu makanan yang sehat harus kita konsumsi setiap hari. Inilah menu makanan sehat setiap hari



Karbohidrat
Karbohidrat dapat kita temukan dari nasi putih. Kita tahu nasi purih merupakan makanan pokok orang Indonesia tetapi kandungan gula pada nasi putih cukup tinggi dari pada jagung, umbi umbian seperti kentang dan ubi jalar dan beras merah. Jadi lebih baik variasikan jenis makanan tersebut agar anda tidak berlebihan kadar gulanya didalam darah. Kadar gula yang berlebihan dapat meyebabkan penyakit diabetes dan kencing manis.

Protein
Protein terdiri dari dua jenis yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani bersumber dari hewan seperti ikan, daging ayam dan sapi serta telur, dan susu yang mengandung profil asam amino yang lengkap termasuk asam amino esensial yang mutlak dibutuhkan untuk perkembangan tubuh manusia. Asam amino esensial tidak dapat diproduksi dalam tubuh manusia dan karenanya hanya dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.
Protein nabati berasal dari tumbuhan seperti kacang kedelai, minyak zaitun dan kacang kacangan. 

Vitamin
Banyak berbagai jenis vitamin diantara vitamin A,B,C,D,E, B1,B2,dan lain-lain. Jenis vitamin ini dapat anda temuka didalam buah buahan segar an sayuran. Buah buahan juga mengandung mineral seperti magnesium, fosfor dan lain sebagainya. Sedangkan sayuran mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Mineral 
Tanpa mineral vitamin tidak dapat bereaksi. Mineral dan vitamin saling berinteraksi. Perbedaan terbesar antara vitamin dan mineral adalah bahwa mineral merupakan senyawa anorganik, sedangkan vitamin organik. Macam-macam mineral seperti kalsium bersumber  susu dan produk susu (keju, yoghurt, dll), telur, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau gelap. Kalsium adalah mineral terbesar yang dibutuhkan tubuh Anda. Sekitar 2-3 persen dari berat badan Anda adalah kalsium, di mana 98% tersimpan di dalam tulang dan gigi dan 1% di darah Anda. Selain untuk pemeliharaan tulang dan gigi, kalsium juga membantu kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah, fungsi hormon, sekresi enzim, penyerapan vitamin B12 dan pencegahan batu ginjal dan penyakit jantung. Selain itu mineral yang dibutuhkan tubuh kita adalah adalah boron, kromium, tembaga, flor, yodium, mangan, molibdenum, nikel, silikon, timbal, dan vanadium.
Inilah menu makanan sehat setiap hari yang harus anda penuhi asupan gizinya. Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi diatas dapat membatu pertumbuhan anda. 

Berikut inilah menu makanan sehat setiap hari:
Salad buah dan sayur
Salad merupakan makanan appetizer atau makanan pembuka yang biasa di sediakan restoran berbintang. Untuk menjalankan program diet, salah satu makanan yang harus masuk daftar adalah salad karena salad terbuat dari buah-buahan yang kaya vitamin dan sayuran yang mengandung serat yang tinggi dicampur dengan ditambahkan bumbu atau saus membuat rasanya enak dan tidak perlu khawatir kalori yang akan masuk didalam tubuh. serat didalam buah dan sayur merupakan karbohidrat kompleks yang berat didalam tubuh sehingga menunda rasa lapar.

Makanan pedas
Bagi penyuka makanan pedas, ada kabar baik karena mengkonsumsi makanan yang pedas dapat membantu tubuh membakar lemak. Cabai mengandung senyawa kimia yang disebut capsaicinocids, zat ini berfungsi untuk mengurangi keinginan untuk menyantap makanan yang berlemak, asin dan makanan manis. Perlu diingat, keseimbangan perlu dijaga. Makananlah dengan mengatur jumlah asupan nutrisi. Cara pengolahan makanan pedes juga harus dengan cara direbus dan dipanggang agar tidak menaikkan jumlah kolesterol didalamnya.

Sereal 
Anak-anak sangat suka menyantap sereal dipagi hari sebelum pergi ke sekolah. Sereal mengandung vitamin dan karbohidra yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan tenaga akan tetapi, keuntungan dari sereal adalah makanan yang terbuat dari gandum dan penyajiannya yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak perlu kahawtir untuk mengkonsumsi sereal baik di pagi hari atau pun untuk menu makan malam karena sereal adalah makanan sehat yang rendah lemak. Rasa dari sereal akan lebih kaya jika ditambah dengan buah-buahan seperti blueberry, stroberry dan kismis.




semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide