ini dia Ilmu kesehatan anak

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Bidang kesehatan di dunia sudah mengalami banyak kemajuan. Baik kesehatan dari usia dini hingga yang manula. Kesehatan pada anak-anak memiliki perhatian khusus karena mereka belum mengerti merawat dan menjaga kesehatannya sendiri. Banyak sekali terjadi kasus seperti penyakit anak kekurangan gizi dan psikologis yang tidak normal pada anak. Sosialisasi pertama pada anak adalah keluarga. Oleh sebab itu peran penting orang tua untuk memberikan pendidikan dasar dan kasih sayang untuk pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan. Berikut ini ilmu kesehatan anak



1. Kesehatan jasmani
Jasmani adalah kesejahteraan badan atau tubuh yang dirasakan sesorang. Untuk anak yang baru mulai untuk bertumbuh dan berkembang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan fisiknya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi. Melengkapi dan mencukupi kebutuhan asupan makanan pada anak sangat penting karena tubuh mereka pada masa pertumbuhan. Maknan empat sehat lima sempurna harus dipenuhi. Pola hidup sehat pada dasarnya adalah suatu kesatuan program yang meliputi program kesehatan, kesegaran jasmani, gizi dan aktifitas rekreasi yang bila dilaksanakan dengan baik dan benar akan mendukung tercapainya produktifitas tubuh yang tinggi. Manfaat yang diperoleh dengan menerapkan pola hidup sehat adalah berpenampilan lebih sehat dan ceria, dapat tidur nyenyak, dapat menikmati kehidupan sosial, dapat berkarya lebih baik, dapat meningkatkan produktivitas kerja, berpikir sehat dan positif,merasa tentram dan nyaman dan memiliki rasa percaya diri dan hidup seimbang. Peran penting orang tua untuk membiasakan anaknya hidup sehat sejak dini agar mereka tumbuh dengan baik. menjaga kebersihan juga harus dilakukan agar anak sehat dan terhindar dari penyakit. Daya tahan tubuh anak masih lemah karena itu menjaga kebersihan tubuhnya dan lingkungan sangat penting.

2. Kesehatan rohani
Ilmu kesehan anak juga mempelajari psikologis atau jiwa anak. menurut paham ilmu kedokteran, kesehatan mental merupakan suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu berjalan selaras dengan keadaan orang lain. orang yang kurang sehat mentalnya akan tampak pada kelakuan-kelakuannya yang tidak baik, seperti keras kepala, suka berdusta, mencuri, menyeleweng, menyiksa orang lain, dan segala yang bersifat negatif. Dari penjelasan tersebut di atas, maka dalam hal ini tentunya pembinaan yang dimaksud adalah pembinaan kepribadian secara keseluruhan. Pembinaan mental secara efektif dilakukan dengan memperhatikan faktor kejiwaan sasaran yang akan dibina. Pembinaan yang dilakukan meliputi pembinaan moral, pembentukan sikap dan mental yang pada umumnya dilakukan sejak anak masih kecil. Pembinaan mental merupakan salah satu cara untuk membentuk akhlak manusia agar memiliki pribadi yang bermoral, berbudi pekerti yang luhur dan bersusila, sehingga seseorang dapat terhindar dari sifat tercela sebagai langkah penanggulangan terhadap timbulnya kenakalan remaja.

Ilmu kesehatan anak merupakan hal penting yang harus dipelajari oleh semua orang tidak harus para dokter atau orang yang bekerja di bidang kedokteran. Tetapi orang biasapun harus mengerti bahwa kesehatan jasmani dan rohani anak tidak bisa terjaga dengan sendirinya tanpa bantuan orang tua. Karena itu peran penting keluarga dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide